Tiga Ribu Buruh Depok Unjuk Rasa

Kisar Rajaguguk    •    Selasa, 01 Sep 2015 12:48 WIB
demo buruh
Tiga Ribu Buruh Depok Unjuk Rasa
Buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia unjuk rasa di depan Kantor BPJS Kesehatan, Bandung, Jawa Barat, Selasa 26 Agustus 2015. Antara Foto/Novrian Arbi

Metrotvnews.com, Depok: Tiga ribu buruh pabrik industri berunjuk rasa di Jalan Juanda, Cisalak, Sukma Jaya, Depok. Usai orasi, ribuan buruh yang tergabung dalam Forum Buruh Depok (FBD) selanjutnya menuju Istana Negara di Jakarta, bergabung dengan buruh dari daerah lain.

Aksi ribuan buruh sempat memacetkan arus lalu lintas di Jalan Raya Bogor, tepatnya di pintu Tol Cijago Cimanggis. Aparat gabungan Polres Depok, Dinas Perhubungan, dan TNI kerja ekstra untuk melancarkan lalu lintas yang menumpuk di perempatan lampu lalu lintas.

Koordinator FBD Depok Arif Rahman mengatakan, tiga ribu buruh yang berunjuk rasa dari Astek Indonesia, FSPMI, FSPKEP, RTMM, SPSI, FARKES, dan SPN Kota Depok. Tuntutannya meminta pemerintah menurunkan harga barang pokok dan harga bahan bakar minyak, menolak ancaman pemutusan hubungan kerja terhadap buruh akibat melemahnya nilai tukar rupiah dan pelambatan ekonomi sehingga perlu ada insentif bagi perusahaan yang terancam PHK.

Menolak masuknya tenaga kerja asing dan dihapuskannya kewajiban berbahasa Indonesia bagi tenaga kerja asing, menaikkan upah minimal 22 persen pada 2016 untuk menjaga daya beli buruh. Menolak keras RPP Pengupahan yang hanya berbasis inflasi plus PDB serta revisi KHL dari 60 item menjadi 84 item.

Selanjutnya, merevisi PP tentang Jaminan Pensiun yaitu manfaat pensiun bagi buruh sama dengan pegawai negara sipil bukan Rp300 ribu per bulan. Memperbaiki layanan program jaminan kesehatan, menghapuskan perbudakan modern dengan mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.

"Tuntutan kami 10 poin yang harus dipenuhi pemerintah. Jika tuntutan tidak diindahkan, kami akan demo nasional. Kalau diabaikan kami akan mogok nasional," kata Arif.


(TRK)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA