Susun Renstra, KPK Minta Pendapat Pakar

Renatha Swasty    •    Selasa, 01 Sep 2015 12:51 WIB
kpk
Susun Renstra, KPK Minta Pendapat Pakar
Kuntoro Mangkusubroto dan Wakil Pimpinan KPK Zulkarnai di KPK, Selasa (1/9/2015). Foto: Renatha Swasty/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang sejumlah pakar berbagai bidang. KPK yang tengah menyusun rencana strategis 2015-2019 meminta pendapat dan pemikiran para pakar tersebut. 

Para pakar diundang di hari berbeda. Hari ini, mantan Ketua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto yang datang ke KPK.  

"Ini soal renstra kita 2015-2019 selama empat tahun ke depan. Jadi, nanti pimpinan yang baru kita sudah mempersiapkan sejak dini. Tentu kita harus sinergikan dengan strategi nasional," kata Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja usai pertemuan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2015).

Di lain pihak, Kuntoro mengatakan, dirinya memberikan sejumlah masukan pada pimpinan KPK. Poin paling penting, kata dia, menyoal komunikasi antarlembaga.

"Tadi saya menggarisbawahi tentang masalah koordinasi antarlembaga, saya juga menggarisbawahi mengenai positioning dari KPK. Saya kira harus lebih tajam lagi, saya kira hal-hal semacam itu yang dibicarakan," beber Kuntoro.

Namun, yang paling pokok, tambah dia, soal menempatkan posisi. Saat ini ada dua lembaga lain yang memiliki fungsi sama, bahkan mempunyai jaringan lebih luas, karena itu KPK perlu memetakan dirinya dalam posisi yang lebih tepat.

"Sehingga tidak mudah untuk ditarik ke wilayah yang friksi dengan yang lain-lain. Saya kira ini yang paling pokok," ujar dia.


(KRI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA