Review Casing

Cooler Master MasterCase 5, Modifikasi Seluas Mungkin

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 01 Sep 2015 14:21 WIB
review peripheral
Cooler Master MasterCase 5, Modifikasi Seluas Mungkin
Casing Cooler Master MasterCase 5. (MTVN/MAMDUH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cooler Master baru saja merilis satu casing terbaru mereka, yang dirancang untuk memenuhi dahaga para modder PC. MasterCase 5 adalah salah satu casing terbaru yang diumumkan, dan Metrotvnews.com mendapatkan kesempatan eksklusif untuk menjajalnya sebelum peluncuran resmi di Indonesia. Sesuai dengan apa yang diklaim sang pembuat, casing ini buat saya benar-benar istimewa.

Besar, itulah kata pertama yang saya ucapkan ketika mengeluarkan MasterCase 5 dari bungkusnya. Walaupun termasuk ke dalam kategori mid-tower, casing ini mengusung konsep modular. Secara desain, casing besutan Cooler Master memang indetik dengan warna hitam solid yang membalut material besi bercampur aluminium yang kokoh. Bagian atas untuk pegangan tangan dan kakinya memiliki bentuk yang sama. Bentuknya memang tampil beda dengan casing kebanyakan.



Di bagian depan, Anda bisa melihat antarmuka yang terpasang. Terdapat dua port USB 3.0, jack mikrofon dan audio 3,5 inci, tombol power dan reset, serta lampu indikator PC. Di bagian bawah, antarmuka ini Anda bisa melihat sisi depan yang dibuat berongga, pastinya untuk keperluan sirkulasi udara. Celah udara yang cukup banyak juga terdapat di sis atas, belakang, dan di bawah casing yang menempel dengan tempat pemasangan PSU.



Beralih ke bagian dalamnya, Cooler Master menerapkan teknologi FreeForm, yang diibaratkan sistem modular pada power supply. Pada PSU modular, Anda bisa mencabut kabel yang tidak diperlukan, sementara pada MasterCase 5, pengguna dapat melepas komponen penyangga yang tak dibutuhkan. Casing ini menyediakan dua slot HDD 3,5 inci dan dua slot drive bay.

Keduanya menggunakan konsep tool-less. Tempat pemasangan SSD rupanya agak terpisah, yaitu di dekat tempat memasang motherboard, yang dijepit dengan besi penyangga agar semakin kuat. Uniknya, SSD juga bisa dipasang pada sisi belakang motherboard, yang biasanya tidak pernah dipakai selain untuk menyembunyikan kabel.



Tempat PSU yang berada di bawah motherboard memiliki ruang sendiri yang cukup luas. Ruang ini rupanya juga bisa digunakan untuk memasang HDD tambahan, seandainya si pengguna tidak ingin memakai slot drive bay yang ada. Di tempat PSU juga disediakan penyaring udara yang bisa dilepas dan dibersihkan.

Untuk cable management, MasterCase 5 dilengkapi dengan banyak ruang khusus untuk meletakkan kabel. MasterCase 5 juga menggunakan strap untuk merekat beberapa kabel menjadi satu agar terlihat lebih rapi. Anda bisa melihat fitur manajemen kabel ini melalui lubang-lubang yang telah dilapisi dengan karet.



Komponen pendukung merupakan perangkat unggulan dari MasterCase 5. Cooler Master memberikan kemungkinan modifikasi lebih jauh dengan penyediaan beragam aksesoris interior dan eksterior, mulai dari drive bay tambahan, sampai penutup atas dan tempat kipasnya. Anda bisa memasang maksimal sampai 5 slot HDD tambahan, dan semuanya mengusung konsep tool-less. Pemasangannya pada casing memang memerlukan baut yang sudah tersedia, tetapi baut ini pada dasarnya tidak memerlukan obeng.

Sisi atas MasterCase 5 memiliki ruang ekspansi untuk pemasangan besi penyangga kipas berdiameter 120 mm sebanyak dua unit. Penyangga ini nantinya bisa ditutup dengan penyaring udara dengan desain yang cukup keren, yang secara langsung membuat MasterCase 5 terlihat lebih gemuk.



Cooler Master MasterCase 5 adalah casing yang tepat untuk para pecinta modifikasi casing. Berbagai perangkat pendukung dan ruang ekspansi yang cukup luas memungkinkan penggunanya menyematkan desain interior casing sesuai keinginan.

Bobot kosong yang dimilikinya memang tergolong berat, tetapi itu karena material berkualitas yang menjadikannya sebuah casing yang kokoh. Selain itu, harganya yang Rp1,2 juta tergolong cukup murah.


(ABE)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA