Bawaslu Luncurkan Indeks Kerawanan Pilkada Serentak 2015

Intan fauzi    •    Selasa, 01 Sep 2015 13:06 WIB
pilkada serentak
Bawaslu Luncurkan Indeks Kerawanan Pilkada Serentak 2015
Pengamanan pemungutan suara. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2015. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi pelanggaran yang mungkin terjadi pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang.
 
"Bawaslu berusaha memberikan panduan berbasis research dan data di lapangan yang disajikan dalam angka potensi," kata Komisioner Bawaslu Daniel Zuchron saat membuka peluncuran IKP di Hotel Santika Premiere, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015).


Peluncuran IKP. (Foto:MTVN/Intan Fauzi)

Dengan dihadiri oleh panitia pengawasan pemilu (panwaslu) dari setiap daerah yang mengikuti pilkada, Daniel berharap peluncuran IKP itu menjadi arahan untuk pencegahan. Artinya, Bawaslu tidak menunggu permasalahan muncul.
 
"Bawaslu tidak boleh menunggu peristiwa di hadapan mereka. Pelanggaran banyak terjadi di tahap pemungutan dan perhitungan suara. Semoga hari ini semua sudah diurai," ujarnya.
 
IKP 2015 terdiri dari lima aspek yang dianggap paling potensial memunculkan kerawanan pelanggaran dalam pilkada serentak 2015. Kelima aspek itu ialah profesionalitas penyelenggara, politik uang, akses pengawasan, partisipasi masyarakat, dan kondisi keamanan.


(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA