8 Capim KPK Bukan Nama-Nama yang Mengejutkan

Surya Perkasa    •    Selasa, 01 Sep 2015 13:48 WIB
dpr adscapim kpk
8 Capim KPK Bukan Nama-Nama yang Mengejutkan
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani--Antara/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK telah membeberkan delapan nama yang lolos seleksi. Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai delapan nama yang sudah diserahkan ke Presiden Joko Widodo sudah tak asing dan berlatarbelakang cukup variatif.

"Secara selintas banyak nama yang tidak asing. Jadi bukan nama-nama yang mengejutkan. Si A atau B dipilih karena tiap orang (yang lolos) memiliki plus dan minus," kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Politikus PPP ini juga menilai capim yang namanya diserahkan ke Komisi III DPR ini memiliki latar belakang beragam, dan memiliki kompetensi di bidang tertentu. Pansel sendiri membagi delapan nama ke empat bidang berbeda.

Walau demikian Komisi III DPR dipastikan tidak akan memilih nama berdasarkan bidang. Dewan akan meloloskan nama yang memiliki kompetensi terbaik. "Saya kira komisi III tidak akan terikat dengan pembidangan itu. Tidak tertutup kemungkinan kita tidak pilih satu dan dua bidang," ucap Wakil Sekretaris Jenderal PPP ini.

Pansel sudah menyerahkan delapan nama yang lolos seleksi ke Presiden. Pansel membagi calon pimpinan KPK berdasarkan empat bidang yang ada di KPK. Masing-masing bidang ada dua kandidat. Bidang pencegahan ada Saut Situmorang (Staf Ahli Kepala BIN) dan Surya Chandra (pengacara publik).

Bidang penindakan ada Alexander Marwata (Hakim Ad Hoc Tipikor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat), dan Brigjen Pol Basaria Panjaitan (Widyaiswara Madya Sespimti Polri).

Bidang manajemen ada Agus Rahardjo (Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan), dan (Direktur pada Direktorat Pembinaan Jaringan Kerjasama Antar Komisi dan Instansi KPK).

Terakhir di bidang manajemen ada Johan Budi SP (pimpinan sementara KPK), dan Laode Muhammad Syarif (Lektor Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar).


(YDH)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

5 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA