KfW Siapkan 2 Miliar Euro untuk Energi Terbarukan di Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 01 Sep 2015 14:01 WIB
energi terbarukan
KfW Siapkan 2 Miliar Euro untuk Energi Terbarukan di Indonesia
Ilustrasi. AFP PHOTO/DENIS CHARLET

Metrotvnews.com, Jakarta: Kreditanstalt fur Wiederaufbau (KfW) atau Bank Pembangunan Jerman telah menyiapkan dana sejumlah dua miliar euro untuk kerja sama dalam pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia.

Represntative of KFW Indonesia Cristoph Twerenbold, mengatakan, dana yang setara dengan Rp31 triliun ini akan difokuskan untuk energi baru terbarukan seperti tenaga air dan panas bumi.

"KfW dalam pelaksanaan dilapangan ada dana sejumlah dua miliar euro. Dalam konteks ini Indonesia masuk dalam fokus pembicaraan dalam sektor energi tenaga air, panas bumi, dan matahari. Termasuk sistem desentralisasi dan jaringan listrik Jawa Bali," kata Cristoph, di Intercontinental Hotel MidPlaza, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Dengan melakukan kerja sama ini, KfW menyatakan memang memfokuskan pada pembinaan beberapa partner yang memiliki proyek-proyek dibidang energi ramah lingkungan termasuk Indonesia.

"Jadi proyek di sini kita utama pada pendaaan proyek ramah lingkungan serta bagaimana kita dapatkan energi ramah lingkungan. Jadi intinya kita bicarakan di sini memberikan alternatif untuk energi baru terbarukan yang menarik dengan memberikan pendanaan yang murah," beber dia.

Tahun ini saja, Ia menambahkan, KfW sudah memberikan dana ke PT PLN sebesar 300 juta euro untuk pengembangan sektor kelistrikan. "Jadi tahun ini kita lakukan satu proyek dengan PLN 300 juta euro, dan kita menunggu mudah-mudahan ada kontrak lanjutan. Saya yakin 2016 sampai pada target dari jumlah yang kita inginkan," ungkap dia.


(AHL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

17 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA