Ribuan Email Hillary Clinton Kembali Dirilis ke Publik

Willy Haryono    •    Selasa, 01 Sep 2015 16:10 WIB
pemilu as
Ribuan Email Hillary Clinton Kembali Dirilis ke Publik
Capres AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton dalam sebuah kampanye di Iowa, 14 Agustus 2015. (Foto: AFP / WIN MCNAMEE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Metrotvnews.com, Washington: Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) merilis lebih dari 4.000 surat elektronik atau email tambahan milik Hillary Clinton, calon presiden yang juga mantan Menlu AS.

Dalam perilisan terbaru ini, Senin (31/8/2015), sekitar 150 email tersebut mengandung informasi rahasia negara. 

Awak media dan rival Clinton memeriksa ribuan email yang telah dirilis Kemenlu AS. Clinton dikritik karena kerap menggunakan akun pribadi dalam mengirim dan menerima email. 

Hal paling berbahaya dari kontroversi ini adalah beberapa email itu dinaikkan dari status biasa menjadi "rahasia," yang mengindikasikan seharusnya pesan itu tidak boleh dikirimkan Clinton. 

"Saya kira ada sekitar 150," ujar juru bicara Kemenlu AS Mark Toner, seperti dikutip AFP. Bulan lalu, sejumlah pejabat negara AS menyebut 63 email Clinton "telah berubah statusnya."

Bulan lalu, Clinton membantah menggunakan akun pribadinya untuk urusan negara. 

"Saya tidak mengirim atau menerima apapun yang bersifat rahasia ketika itu," tegas Clinton dalam sebuah sesi kampanye di Iowa. 

Kontroversi email menghalangi ambisi Clinton menjadi presiden. Sejumlah pihak khawatir Clinton ketika itu berusaha menghindari transparansi dan aturan berlaku terkait email. 



(WIL)