Teknologi Otomotif

Bedah Teknologi Mesin 150 cc Baru Honda (Bagian 2)

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 03 Sep 2015 14:10 WIB
honda motor
Bedah Teknologi Mesin 150 cc Baru Honda (Bagian 2)
Mesin 150 cc baru Honda dibuat lebih efisien dan bertenaga. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika pada bagian pertama dibahas mengenai ubahan mesin 150 cc Honda untuk meningkatkan tenaga mesin. Maka pada artikel ini akan dibahas mengenai bagian kedua yaitu peningkatan torsi dan bagian ketiga, sistem aliran udara intake dan exhaust.

Untuk bagian kedua, guna meningkatkan torsi, Honda mengartur konfigurasi mesin almost square. Konfigurasi piston 57,3 mm dan stroke 57,8 mm membuat karakter mesin punya torsi dan power yang sama baiknya.

Sedangkan bagian ketiga mengenai sistem aliran udara intake dan exhaust, terdiri dari empat bagian. Pertama saringan udara, menggunakan viscous element, yang bebas perawatan dan tinggal ganti sesuai usia pakainya.

Kedua, sistem injeksi PMG-FI khas Honda, dilengkapi dengan sensor O2, yang posisinya berada diknalpot bagian atas mendekati saluran exhaust untuk mendeteksi kadar oksigen lebih akurat. Kemudian penggunaan busi nickel yang diklaim mampu hasilkan percikan api maksimal.

"Keuntungan yang didapatkan adalah pengaturan waktu dan jumlah bahan bakar yang disemprotkan lebih pas, dan hasil emisi lebih ramah lingkungan namun dengan konsumsi bahan bakar yang efisien," Winaryanto, Technical Training Instructor Astra Honda Training Center (AHTC).

Kemudian ketiga, sudut dibuat mengarah ke depan 40 derajat. Ini dilakukan untuk mengurangi hambatan aliran udara dibagian intake dan exhaust. Kemudian akselerasi lembut pada putaran mesin rendah, menengah hingga tinggi.

Terakhir adalah bagian knalpot, yang dibuat menjadi tiga sekat. Dengan inversion structure, lubang antara sekat dua dan tiga untuk menghasilkan suara pada frekuensi rendah khas motor sport. "Dilengkapi pula dengan glasswool untuk kurangi noise dan 400 cell three way cathalytic converter agar sesuai standar Euro3," urai Winaryanto lagi.

Sedang untuk teknologi lainnya, Honda menerapkan teknologi minim gesekan. Mulai dari offset cylinder, piston yang dilapisi molybdenum, spiny sleeve dan penggunaan roller rocker arm dan pin cam chain yang dilapisi vanadium agar lebih kuat.


(UDA)