Peredaran Narkoba Marak di Rusun Bidara Cina

Arga sumantri    •    Selasa, 01 Sep 2015 16:15 WIB
rusun
Peredaran Narkoba Marak di Rusun Bidara Cina
Rumah susun Bidara Cina. (Foto:MTVN/Arga Sumantri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rumah susun Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur diketahui kerap dijadikan tempat pesta narkoba. Walaupun kerap dilakukan penggerebekan, namun kegiatan melanggar hukum itu tetap berjalan.
 
"Sering digrebek di sini, terakhir kalau enggak salah waktu bulan puasa kemarin," kata Jumanta, seorang penghuni Rusun Bidara Cina saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Selasa (1/9/2015).
 
Kasus narkoba di Bidara Cina diyakini Jumanta sudah ada sejak lama. Tak lama sejak dia pindah ke Rusun Bidara Cina tahun 1996 lalu, polisi kerap menemukan narkotika dalam berbagas jenis
 
"Dulu banyak ganja. Kaget juga saya, digerebek dulu pernah ada 6 kilogram. Ada yang masih ditahan sudah dua tahun. Kalau sekarang sudah tidak terdengar kasus ganja. Trennya narkoba yang lain. Saya enggak tau tuh jenisnya apaan. Kurang paham," ujar Jumanta menceritakan.
 
Hal ini juga dibenarkan Wakil Ketua RW 16 Rusun Bidara Cina, Andie Wijaya. "Iya ada (narkoba) kan pernah digrebek juga di sini," kata Andie.
 
Praktik melawan hukum semacam itu banyak terjadi karena aturan ketertiban bagi penghuni di rusun Bidara Cina sangat longgar. Penghuni bukan hanya bebas keluar masuk, tapi mereka juga bebas membawa masuk orang luar.
 
Penghuni yang lain rata-rata enggan menegur lantaran takut terjadi perselisihan. Alhasil, aktifitas penghuni rusun Bidara Cina tidak bisa diawasi.
 
Fungsi pegawasan rusun ada di tangan Perhimpunan Penghuni Rumah Susun (PPRS) Pusat yang berada di bawah naungan Dinas Perumahan DKI. Namun, sejauh ini fungsi pengawasan PPRS pusat belum maksimal.
 
Faktanya, kondisi rusun yang sedianya dibangun sebagai rusun percontohan kala itu seperti tanpa perhatian. PPRS Bidara Cina mengaku tak punya kekuatan menertibkan lantaran kebanyakan penghuni justru malah melakukan perlawanan.
 
PPRS Bidara Cina juga mengaku sudah beberapa kali ‘mengadu’ soal kondisi rusun, termasuk aktifitas-aktifitas negatif sejumlah penghuni dan pemilik unit kepada PPRS pusat. Namun laporan itu tak pernah digubris.


(FZN)

KPK yang Berani Jujur Hebat

KPK yang Berani Jujur Hebat

4 minutes Ago

KERJA ekstra keras yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjerat Setya Novanto dal…

BERITA LAINNYA