Inilah Rumpun Prosesor Generasi Ke-6 Intel Skylake

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 01 Sep 2015 16:42 WIB
intel
Inilah Rumpun Prosesor Generasi Ke-6 Intel Skylake
Intel Skylake buka potensi inovasi yang lebih luas

Metrotvnews.com, Jakarta: Intel secara resmi mengumumkan keberadaan prosesor generasi ke-6 Skylake. Kehadiran prosesor ini memang menjadi bahan perbincangan di jagat internet. Salah satu alasannya adalah penggunaan socket prosesor terbaru, LGA 1151, ditambah dengan penyematan chipset motherboard Intel Z170. Intel juga mengumumkan rumpun dari prosesor Skylake.

Menyasar sektor perangkat elektronik mobile yang lebih luas, Intel menghadirkan setidaknya empat varian untuk Skylake. Keempat rumpun ini adalah seri Y, seri U, seri H, dan seri S. Seri Y dan seri U dirancang untuk perangkat yang memerlukan konsumsi daya sangat rendah dan memiliki dimensi yang cukup kecil. Seri Y ditanamkan pada perangkat seperti notebook 2 in 1, tablet, dan compute stick.



Sementara itu seri U cocok untuk ultrabook, AIO, dan Mini PC. Target produk Intel Skylake seri U sama dengan rumpun tertingginya, seri S. Hanya saja, performa yang dihadirkan pada Skylake seri S jauh lebih kencang. Skylake seri S juga tersedia untuk PC Desktop dan AIO. Skylake seri H cocok untuk notebook gaming dan notebook untuk keperluan korporat.

Untuk perangkat mobile, Intel memastikan bahwa Skylake memiliki konsumsi daya 60 persen lebih efisien dibanding Broadwell, dengan skema konsumsi daya terkecil dari 4,5W sampai 45W. Grafis visual juga mengalami peningkatan sebanyak 40 persen, dan memungkinkan notebook memutar film 720p sampai 10 jam.



Rumpun Intel Skylake memang cukup banyak, ditambah dengan keberadaan prosesor Xeon yang juga akan hadir untuk notebook multimedia. Selain Xeon, seri yang mana pun, nantinya penamaan tetap akan menggunakan nama standar produk Intel, yaitu mulai dari Intel Pentium, Celeron, sampai Core i3 dan Core i7. Penamaan seri akan terletak di belakangnya.


(ABE)