Ini Kelebihan Beasiswa di Inggris

Fajar Nugraha    •    Selasa, 01 Sep 2015 17:41 WIB
indonesia-inggris
Ini Kelebihan Beasiswa di Inggris
Dubes Moazzam Malik dengan pemenang beasiswa Chevening (Foto: Twitter Dubes Malik)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Inggris kembali membuka kesempatan bagi siswa Indonesia untuk mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Inggris. Ada kelebihan jika mendapatkan beasiswa itu.

Pada Senin (31/8/2015) Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik melepas, tidak hanya 66 siswa Indonesia tetapi juga dua siswa Timor Leste bersekolah di universitas-universitas ternama di Negeri Ratu Elizabeth.

Ada beberapa kelebihan bagi mereka yang kuliah di Inggris. Kedubes Inggris dalam keterang tertulis yang diterima Metrotvnews.com pun memaparkan kelebihan-kelebihan tersebut.

Pertama, Kedubes Inggris menyebutkan, lulusan Inggris berpotensi lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Dari lima universitas Inggris termasuk dalam 10 besar universitas pencetak lulusan siap kerja, berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 27 ribu perekrut.

Selain itu, fokus metodologi pengajaran universitas-universitas di Inggris membangun karakter yang dinilai sangat penting bagi para perekrut seperti kreativitas, inovasi, pemikiran yang kritis, kerja sama tim dan kepemimpinan.

Lulusan Inggris juga berpotensi menghasilkan pendapatan lebih besar. Hal ini disebabkan karena lulusan internasional Inggris cenderung mendapatkan gaji lebih tinggi dibandingkan lulusan dalam negeri. Hal tersebut didasarkan atas survei yang dilakukan oleh Departemen Bisnis dan Inovasi Inggris.

Jangka waktu pendidikan Inggris relatif lebih pendek dibanding studi international setara lainnya. Jurusan S1 di Inggris bisa diselesaikan dalam waktu 3 tahun dan 4 tahun di Skotlandia. Sementara untuk pendidikan S2 mayoritas dapat diselesaikan dalam waktu 1 tahun, ini berarti biaya pendidikan lebih murah dan siswa dapat memulai karier secepatnya.

Pendidikan Inggris lebih murah dibandingkan dengan negara-negara berbahasa Inggris lainnya. Berdasarkan data yang didapatkan oleh HSBC, studi di Inggris lebih murah dari Australia, Singapura dan AS jika dihitung dari biaya studi dan biaya hidup.

Universitas di Inggris adalah salah satu yang terbaik di dunia. Ini bisa dilihat dari empat dari 10 universitas terbaik dunia terletak di Inggris, enam diantaranya juga masuk dalam 20 besar.

Ada kebanggaan lain dengan kuliah di Inggris. Satu dari tujuh pemimpin dunia (Perdana Menteri atau Kepala Negara) menempuh pendidikan di Inggris. Menurut Kedubes Inggris ini menunjukkan Inggris sangat terbuka bagi pelajar-pelajar asing.

Lebih dari 400,000 pelajar internasional dari 150 negara saat ini tengah menempuh pendidikan di Inggris. Universitas-universitas di Inggris juga menawarkan serangkaian bantuan pelayanan dan kelompok-kelompok sosial untuk membantu pelajar asing beradaptasi dengan kehidupan di Inggris
Pendidikan di Inggris menawarkan lebih dari sekedar belajar-mengajar di kelas.

Selain itu studi di Inggris memberikan siswa akses ke kota-kota hebat seperti London, Manchester dan Liverpool. Termasuk juga acara-acara kebudayaan dan pertandingan olahraga yang spektakuler seperti English Premier League, Wimbledon dan Glastonbury Festival. Serta aset kebudayaan Eropa juga bisa dijelajahi melalui berbagai jenis transportasi (jarak pendek) seperti kereta atau pesawat Inggris menyambut warga Indonesia untuk datang dan studi ke Inggris

Saat ini ada sekitar 3.000 WNI yang studi di Inggris, dan angka ini terus meningkat tiap tahunnya. "Tahun ini jumlah penghargaan beasiswa Chevening untuk Indonesia dilipatgandakan menjadi tiga kali lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya," imbuh Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik.

Chevening adalah program beasiswa global Pemerintah Inggris yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Inggris (FCO) dan rekan-rekan organisasi. Beasiswa ini diberikan kepada siswa-siswa berprestasi yang memiliki potensi kepemimpinan untuk menempuh studi S2 selama satu tahun di universitas-universitas ternama di Inggris.

Tahun ini, pendaftaran beasiswa Chevening tahun akademik 2016/17 telah dibuka sejak 3 Agustus-3 November 2015. Informasi lengkap tentang kriteria serta persyaratan kunjungi situs web www.chevening.org/faqs.


(FJR)