Ratusan Karyawan di Balikpapan Kena PHK

Muhammad Hilmansyah    •    Selasa, 01 Sep 2015 17:56 WIB
buruhtenaga kerja
Ratusan Karyawan di Balikpapan Kena PHK
Ratusan buruh PT Primissima, di Yogyakarta, terkena PHK (ilustrasi). (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Balikpapan: Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menyebut ratusan karyawan dari sejumlah sektor industri terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Berdasar laporan Dinas Tenaga Kerja Sosial (Disnakersos) Kota Balikpapan, sepanjang Juli-Agustus terjadi gelombang PHK pada 100 hingga 150 pekerja. PHK ini akibat perlambatan ekonomi nasional yang berdampak pada daerah, termasuk Balikpapan.

Sektor yang paling besar terkena imbasnya adalah sektor pendukung pertambangan, jasa, asuransi keuangan, dan migas.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi tak menampik fakta adanya gelombang PHK tersebut. Namun, pihaknya masih melakukan deteksi apakah gelombang PHK itu berasal dari satu perusahaan atau PHK beberapa kali dari beberapa perusahaan.

"Iya memang ada PHK. Tapi kami harus pastikan dulu. Kami meminta Disnakersos untuk meneliti kembali data tersebut," kata Rizal.

Untuk mengatasi masalah ini, Pemkot Balikpapan telah mempersiapkan program pendampingan seperti pelatihan keterampilan. Dana untuk kegiatan ini diambil dari anggaran APBD Perubahan dan ditambah dengan program pelatihan keterampilan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Pelatihan ini dimaksudkan agar tenaga kerja memperoleh tambahan keterampilan baru seperti bidang pengelasan, montir, dan lainnya. Selain itu, pemkot juga masih melihat kemungkinan untuk memberikan modal kerja bagi para tenaga kerja yang terkena imbas PHK.


(SAN)