Klub-klub Inggris Catat Pengeluaran Rp17 Triliun di Bursa Transfer Musim Panas Ini

Krisna Octavianus    •    Selasa, 01 Sep 2015 18:09 WIB
liga inggrisbursa transfer pemain
Klub-klub Inggris Catat Pengeluaran Rp17 Triliun di Bursa Transfer Musim Panas Ini
Kevin De Bruyne menjadi salah satu pembelian mahal Manchester City (Foto: twitter)

Metrotvnews.com: Bursa transfer sepak bola Eropa segera ditutup. Tim-tim Liga Inggris pun total menghabiskan 818,7 juta poundsterling atau sekitar Rp17 triliun.

Manchester City tercatat menjadi tim yang paling jor-joran dalam bursa transfer musim panas ini. The Citizens tercatat menghabiskan 154,2 juta poundsterling (Rp3 triliun) untuk mendatangkan pemain-pemain seperti Raheem Sterling, Nicolas Otamendi, Enes Unal, Fabian Delph, dan Kevin De Bruyne.

Di posisi kedua ada Liverpool yang tercatat menghabiskan dana sebesar 88 juta poundsterling (Rp miliar). Dana sebesar itu digunakan untuk merekrut Roberto Firmino, Christian Benteke, dan Joe Gomez. Sementara itu, Danny Ings dan James Milner datang dengan gratis.

City dan Liverpool dibuntuti oleh Manchester United dan Chelsea. The Red Devils tercatat menghabiskan 79 juta poundsterling atau sekitar Rp1,7 triliun. Sementara itu, Chelsea menggelontorkan dana sebesar 66,1 juta poundsterling.

Sementara itu, Norwich menjadi tim yang paling irit dalam bursa transfer musim panas ini. The Cannaries tercatat hanya mengeluarkan dana sebesar 10 juta poundsterling.

Namun, jika transfer ini dilihat secara objektif dari sisi pengeluaraan serta pendapatan, maka tim-tim papan tengah sekelas Newcastle United dan Watford berada di jajaran atas.

Newcastle tercatat mengeluarkan uang sebesar 47,8 juta poundsterling tapi hanya bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan pemain sebesar 5,8 juta poundsterling. Sedangkan, Watford menghabiskan dana sebesar hampir 29 juta poundsterling tapi hanya mampu mendapat 500 ribu poundsterling dari hasil penjualan pemain.

Prestasi baik dicapai oleh Southampton. Mereka memang menghabiskan dana sebesar 30,2 juta poundsterling tapi mereka berhasil menjual pemain sampai 37,5 juta poundsterling.

Berikut data lengkapnya:




(ACF)