Nasib Go-Jek dan Uber Taksi di Bandung segera Diputuskan

Roni Kurniawan    •    Selasa, 01 Sep 2015 20:10 WIB
transportasi
Nasib Go-Jek dan Uber Taksi di Bandung segera Diputuskan
Pengendara Go-Jek membawa penumpang, Ant

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, akan segera memutuskan terkait moda transportasi baru yang hadir di tengah-tengah masyarakat yakni Go-Jek dan Uber Taxi. Keputusan tersebut akan diambil sesuai dengan pertimbangan pasca dilakukan seminar transportasi di Institut Tekonologi Bandung beberapa waktu lalu yang melibatkan para pengusaha transportasi di Kota Bandung.

"Hasil seminar kemarin, minggu ini sedang difinalisasi," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Selasa (1/8/2015).

Menurut pria yang akrab disapa Emil, seminar tersebut akan menjadi salah satu bahan pertimbangan baik bagi Go-Jek dan Uber Taxi guna memutuskan kelayakan beroperasi di Kota Bandung. Bahkan untuk memberikan jawaban baik bagi masyarakat atau pun para pengusaha dan supir taksi yang ada di Kota Bandung, Emil pun berjanji akan memberikan keputusan tersebut pada pekan depan.

"Saya janji, Senin keputusannya," tegas Emil.

Sebelumnya, kehadiran Go-jek dan Uber Taxi di Kota Bandung mendapat penolakan sopir taksi dan para ojek yang sering mangkal di beberapa daerah. Bahkan, spanduk penolakan tersebut pun sering terlihat membentang di beberapa sudut di Kota Bandung.

Legalitas Go-Jek dan Uber Taxi yang belum jelas hingga saat dinilai menjadi salah satu pemicu terjadi aksi kontra dari para supir dan tukang ojek. Sedangkan di sisi lain kehadiran kedua moda transportasi tersebut disinyalir dapat membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan memberikan pelayanan yang cukup maksimal.

"Di sisi lain, warga dimudahkan saat melakukan aktivitas. Misalnya saat warga buru-buru atau saat warga membutuhkan jasa layanan antar. Tapi mereka tetap harus mengikuti aturan yang ada kalau ingin tetap ada di sini (Bandung)," kata Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Enjang Mulyana.


(RRN)