Pemerintah Genjot Industri Topang Kebutuhan Domestik

Husen Miftahudin    •    Selasa, 01 Sep 2015 21:07 WIB
ekonomi indonesia
Pemerintah Genjot Industri Topang Kebutuhan Domestik
ekonomi indonesia. Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelemahan ekonomi global berdampak langsung pada perekonomian Indonesia. Sektor industri dalam negeri yang masih tak punya taji membuat perekonomian dalam negeri rentan terhadap gejolak perkembangan ekonomi dunia.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, kondisi tersebut membuat pemerintah bakal fokus untuk menggenjot sektor industri.

"Perdagangan, kesehatan, semua aturan yang kami anggap menyulitkan industri. Kita bakal genjot industri dalam negeri," ujar Darmin ditemui usai Rapat Koordinator tentang Paket Kebijakan Ekonomi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015).

Selain itu, tambah dia, industri dalam negeri merupakan bekal dalam pertaruhan menghadapi persaingan global. Jika industri tak mampu berkembang, bukan tidak mungkin Indonesia akan diserbu oleh produk-produk impor yang justru melemahkan perekonomian nasional.

Dorongan terhadap industri tersebut, menurut Darmin, akan masuk dalam paket kebijakan yang kini sedang digodok oleh beberapa kementerian. Paket kebijakan itu sendiri pun terdapat banyak hal yang bersifat revisi kebijakan termasuk insentif fiskal.

"Ada banyak yang saya tidak bisa mengingat satu-satu. Ada deregulasi. Ada menyangkut pangan terutama daging. Kemudian ada menyangkut keuangan dan sebagainya. Kami usahakan ada yang diumumkan (paket kebijakan) minggu ini," tutup Darmin.


(SAW)