Fluktuatif, Rupiah Belum Lawan Dolar

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 02 Sep 2015 07:41 WIB
kurs rupiah
Fluktuatif, Rupiah Belum Lawan Dolar
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Laju rupiah terhadap dolar AS (USD) tampaknya masih berada dalam pola bearish pattern. Hal itu terlihat, karena belum adanya perlawanan dari rupiah untuk bergerak naik.

"Pelemahan sejumlah indeks manufaktur di Asia sejak akhir bulan lalu dimotori oleh Korsel, serta terus berlanjut hingga kemarin, terutama oleh Tiongkok sehingga memberikan tekanan pada sejumlah mata uang Asia dan rupiah pun ikut terkena imbas negatifnya," kata Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (2/9/2015).

Menurut dia, pergerakan inflasi yang cukup positif tidak cukup kuat membantu laju mata uang Garuda tersebut agar tidak melemah lebih dalam. Sikap kekhawatiran pun terjadi, di mana laju rupiah masih melanjutkan pelemahannya.

Reza pun masih bersikap pesimistis terhadap penguatan rupiah, jika data-data di Asia tidak cukup membantu mengangkat pergerakan mata uang dalam negeri ini. "Bearish mode on masih perlu diwaspadai jika sentimen yang ada kurang positif," jelasnya.

Oleh karena itu, investor diminta untuk mencermati setiap sentimen dan berita yang dirilis, serta mewaspadai jika rupiah akan kembali melanjutkan pelemahan. "Dalam satu hari ini rupiah akan berada di level Rp14.095-Rp14.069 per USD (kurs tengah BI)," pungkas Reza.


(AHL)