Power Working Group, Berbagi Informasi Ketenagalistrikan

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 02 Sep 2015 10:03 WIB
indonesia-as
<i>Power Working Group</i>, Berbagi Informasi Ketenagalistrikan
Ilustrasi -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) power working group antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) dilakukan untuk mendukung program ketenagalistrikan 35 ribu megawatt (mw).

Selain itu, kerja sama ini juga akan meningkatkan hubungan antar kedua negara dan sebagai sarana memfasilitasi kerja sama pihak swasta kedua negara di sektor ketenagalistrikan.

"Penandatanganan MoU ini merupakan salah satu upaya kita untuk mencapai target proyek 35 ribu MW," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, di Kantor Pusat PLN, Jalan Trunojoyo I, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Sudirman menyebutkan, lingkup kerja sama ini terjadi di bidang teknologi emisi batu bara, penggunaan energi terbarukan, berbagai pengalaman kebijakan energi, minimalisasi penggunaan bahan bakar solar, pengembangan jaringan daerah terpencil secara efisien, serta penggunaan teknologi terbaru dibidang kelistrikan.

Lebih lanjut, Sudirman menjelaskan, Amerika juga berkomitmen untuk membantu Indonesia dalam pengembangan sektor ketenagalistrikan terkait program 35 ribu mw dan pengembangan energi yang bersumber dari energi terbarukan sebesar 7.000 mw.

"MoU ini juga merupakan dasar bagi kedua negara untuk berbagi pengalaman sarana pengalihan teknologi melalui pelatihan bagi tenaga kerja Indonesia," tambah dia.

Kerja sama ini membuka pintu bagi pengembangan beberapa proyek yang dinilai perlu untuk mendukung. Pengembangan sektor ketenagalistrikan dan meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia. MoU ini juga membuka kesempatan matchmaking.

"Power working group adalah suatu kerja sama G to G antara pemerintah indonesia dan AS. Bagi kita untuk mendukung program 35 ribu mw tenaga Listrik. Kita tahu semua ini tugas yang tidak ringan dan butuh dukungan dari berbagai pihak," pungkas dia.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA