On This Day

1893: London Mulai Mengenal Liga Sepak Bola

Kautsar Halim    •    Rabu, 02 Sep 2015 10:21 WIB
arsenalpada hari ini
1893: London Mulai Mengenal Liga Sepak Bola
Suporter Arsenal (AFP PHOTO / LEON NEAL)

Metrotvnews.com: Hari ini, 2 September 1893, untuk pertama kalinya kota London menjadi tuan rumah penyelenggaraan Liga Sepak Bola Inggris. 122 tahun lalu laga pembuka yang dipertandingkan dalam event tersebut adalah Arsenal kontra Newcastle United.

Sejak Liga Sepak Bola Inggris dibentuk pada 1888 silam, untuk pertama kalinya salah satu kota di bagian utara Inggris itu mendapat giliran menggelar turnamen yang merupakan cikal bakal Liga Primer Inggris.

Format penyelenggaraannya masih sangat sederhana dan memerlukan bantuan beberapa klub dari Divisi Dua agar kompetisi bisa berjalan. Klub dari Divisi Dua saat itu adalah Liverpool, Newcastle United, Middlesbrough, Ironopolis, Rotherham, dan Arsenal.

Sebagai laga pembuka, Newcastle bertandang ke markas Arsenal yang berada di Plumstead dan dimeriahkan oleh 10 ribu penonton. Saat itu, Arsenal mampu memimpin cepat lewat gol Walter Shaw pada menit ke-6 dan dilanjutkan dengan gol Arthur Elliot yang diciptakan Arthur Elliot pada awal babak kedua. Tersengat dengan dua gol tim tuan rumah, Newcastle akhirnya mampu bangkit dan menyamakan kedudukan lewat gol kedua winger mereka, Crate dan Sorley.

Meski begitu, di akhir laga, Arsenal belum mampu menorehkan prestasi yang menawan. Mereka hanya finis di posisi sembilan, Newcastle berada di posisi lima, sedangkan tim pendatang baru, Liverpool, malah sukses berada di peringkat delapan. (tdifh)

 


(KAU)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA