Tips Knowledge

Jangan Kagok di SPBU Berlayanan Self Service

Ekawan Raharja    •    Kamis, 03 Sep 2015 09:30 WIB
tips mobil
Jangan Kagok di SPBU Berlayanan <i>Self Service</i>
Beberapa SPBU saat ini menerapkan pelayanan self service kepada pelanggan mereka. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, BSD City: Banyak mungkin yang belum tahu bahwa kini adalah SPBU Pertamina yang menerapkan pelayanan self service. Para pemilik kendaraan diharapkan bisa melakukan pengisian bahan bakar sendiri tanpa dilayani.

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication PT Pertamina, menjelaskan bahwa pelayanan self service merupakan salah satu bentuk pelayanan dari Pertamina. Namun dia menjadi bahwa kualitas pelayanan SPBU Pertamina akan tetap sama, meski dengan self service.

"Layanan self service merupakan tangkapan tren dimana anda bisa melakukan pengisian sendiri di SPBU. Kita lihat efisiensi yang bisa didapatkan namun kenyamanan tetap menjadi utama buat kami," terang Wianda pada Kamis, 20 Agustus, di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Seperti di SPBU Kelapa Dua Raya Jakarta dan Alam Sutera Tangerang, sudah ada SPBU yang menggunakan gaya pelanan tersebut. Nantinya ada seorang petugas yang akan menanti sebagai kasir.

Setelah memesan jumlah bensin yang akan dibeli, petugas tersebut akan mengarahkan mobil kepada nozzle yang akan digunakan dan memberikan struk tanda bukti pembayaran.

Dibagian bawa struk tersebut terdapat barcode yang bisa digunakan untuk membuka saluran bensin di nozzle yang akan digunakan. Konsumen cukup memindai barcode tersebut di scanner yang telah disediakan, biasanya terletak di bawah nozzle. Setelah barcode tersebut sukses di scan, maka nozzle bisa diarahkan pada lubang pengisian bensin dan bensin pun akan keluar.


(UDA)