Jarak Pandang Kota Pontianak Hanya 50 Meter

Nasir Putra    •    Rabu, 02 Sep 2015 13:43 WIB
kabut asap
Jarak Pandang Kota Pontianak Hanya 50 Meter
Kabut asap di Pontianak, Kalimantan Barat (ilustrasi). (Antara/Sheravim)

Metrotvnews.com, Pontianak: Kabut asap yang masih menyelimuti Kota Pontianak, Kalimantan Barat membuat jarak pandang di sejumlah ruas jalan menuju luar kota hanya 50 meter. Pekatnya kabut asap juga menganggu jarak pandang di alur Sungai Kapuas. 

Seperti terlihat di jalan Gusti Situt Mahmud Siantan Utara dan jalan Trans Kalimantan, Kubu Raya serta jalan lintas negara di Kabupaten Mempawah. Akibat kabut asap yang turun sejak Rabu (2/9/2015) pagi hari, jarak pandang hanya 30-50 meter.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan, sejumlah pengendara terpaksa memperlambat laju kendaraan. Hal yang sama juga terjadi di jalur pelayaran Sungai Kapuas, Pontianak. Jarak pandang di sungai terpanjang di Indonesia itu hanya 20-30 meter.

"Kami imbau agar nakhoda berhati-hati ketika akan berlayar di Sungai Kapuas karena kabut asap masih tebal," kata Sangkala, Kepala Syahbandar, Pontianak.

Diduga, kabut asap tersebut terjadi akibat adanya aktivitas pembukaan lahan perkebunan dengan cara dibakar oleh para petani di sejumlah wilayah di Kalimantan Barat. Kabut asap juga berakibat pada turunnya kualitas udara di Kota Pontianak. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) masuk kategori tidak sehat

"Udara mulai masuk kategori tidak sehat mulai pukul 24.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB, sehingga masyarakat sebaiknya tidak keluar rumah kalau memang tidak perlu," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pontianak Multi Junto Batarendro.

Ia mengimbau masyarakat Kota Pontianak mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalaupun terpaksa keluar rumah sebaiknya menggunakan masker atau penutup hidung dan mulut.


(SAN)