Pembunuh Siswi SMPN 15 Bandung tak Ditahan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 02 Sep 2015 14:13 WIB
kasus pembunuhan
Pembunuh Siswi SMPN 15 Bandung tak Ditahan
Proses pemakaman Pricilla korban pembunuhan di Bandung, Metrotvnews.com/ Octavianus Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung: Polresta Bandung, Jawa Barat, tak menahan pelaku pembunuhan siswi SMPN 15 Bandung Pricila Dina Ekawati Putri. Sebab, pelaku berinisial SF itu masih berusia 13 tahun.

Kepala Satreskrim Polres Bandung AKBP M Ngajib menegaskan pelaku masih berusia di bawah umur. Penyidik mengacu pada sistem perlindungan anak yaitu Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 sehingga tak memasukkan pelaku dalam sel.

"Proses peradilannya pun tak dilakukan di sel tapi di LPKS (Lembaga Perlindungan Korban dan Saksi)," ungkap Ngajib saat menghadiri pemakaman korban di TPU Kristen Pandu, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Rabu (2/8/2015) siang.

Ngajib mengatakan polisi mengamankan SF tak lama setelah ia membunuh Pricila dua hari lalu. Sebanyak enam saksi menjalani pemeriksaan terkait kejadian tersebut.

Meski berusia di bawah umur, SF tetap menjalani pemeriksaan. Menurut Ngajib, ahli psikologis dan kesehatan akan terlibat dalam pemeriksaan tersebut.

"Para ahli ini akan melakukan assesment dan pendekatan untuk mengetahui psikologis pelaku," paparnya.

Hingga berita ini dimuat, belum diketahui alasan pelaku menghabisi nyawa teman sepermainannya itu. Namun, kata Ngajib, kondisi fisik SF stabil. Hanya saja, pelaku belum dapat dimintai keterangan karena masih labil.

"Kami dari jajaran kepolisian sudah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak untuk proses penanganan selanjutnya yang akan dijadwalkan nanti setelah proses penyidikan," jelasnya.

Pricilia Dina, 15, ditemukan tak bernyawa di pematang sawah di Jalan Inspeksi Cidurian, Bandung, pada Senin 31 Agustus. Hasil penelusuran menyebutkan teman korban, SF, yang melakukan pembunuhan tersebut.


(RRN)