Bos IMF: Indonesia Jauh Lebih Kuat dalam Menghadapi Krisis

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 02 Sep 2015 14:44 WIB
imfkrisis moneter
Bos IMF: Indonesia Jauh Lebih Kuat dalam Menghadapi Krisis
Managing Director IMF Christine Lagarde saat menjadi pembicara di BI. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde mengakui perekonomian dunia saat ini sedang lemah, termasuk di Indonesia. Namun, Lagarde yakin Indonesia jauh lebih kuat menghadapinya dibandingkan dengan negara-negara lain.

Lagarde mengatakan, keadaan Indonesia sekarang sudah sangat jauh berbeda dengan kondisi Indonesia 15 tahun silam. Di mana saat ini Indonesia lebih bisa dan siap dalam menghadapi tantangan ekonomi global ini.

"Kami juga sangat senang Indonesia telah melakukan kebijakan makropolitik dengan baik," ungkap dia, saat konferensi pers, di Gedung DPR-RI, Senayan, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Dengan adanya kebijkan makro ini seperti Jaring Pengamanan Sistem Keuangan (JPSK), dia mengungkapkan setidaknya Indonesia jauh lebih kuat dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

"Posisi Indonesia jauh lebih kuat dari 15 tahun lalu. Indonesia juga sudah siapkan Jaring Pengamanan Sistem Keuangan," ungkap dia.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo semalam, Lagarde sempat mengatakan Indonesia memiliki kesiapan yang cukup baik untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi dunia.

"Indonesia memiliki kesiapan yang baik dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi dunia. Banyak program reformasi yang diimplementasikan, ada upaya pembarantasan korupsi dan lainnya," kata Lagarde semalam.


(AHL)