Nigeria Gunakan Drone untuk Cegah Pencurian Minyak

Willy Haryono    •    Rabu, 02 Sep 2015 14:53 WIB
politik nigeria
Nigeria Gunakan Drone untuk Cegah Pencurian Minyak
Seorang pria membawa jeriken untuk mencari minyak di Lagos, Nigeria, 21 Mei 2015. (Foto: AFP / PIUS UTOMI EKPEI)

Metrotvnews.com, Abuja: Perusahaan Minyak Nasional Nigeria berencana mengerahkan pesawat tanpa awak atau drone ke berbagai wilayah untuk mencegah pencurian minyak negara. 

"Beragam metode akan dilakukan untuk mengakhiri pencurian dalam kurun waktu delapan bulan," ujar Managing Director Ibe Kachikwu, seperti dilansir AFP, Selasa (1/9/2015). 

Selain pengerahan drone, angkatan laut Nigeria juga dipersenjatai dalam melakukan patroli rutin. Kerja sama militer dengan polisi lokal juga akan ditingkatkan.

Kachikwu mengatakan antara Juni 2014 dan Juni 2014, perusahaan minyak negara Nigeria mencatat ada 3500 hingga 4000 percobaan pencurian dari berbagai pipa minyak.

"Keamanan terbaik pipa-pipa ini terletak pada masyarakat. Kami mencoba memberikan cukup insentif agar mereka menganggap pipa-pipa itu sebagai milik mereka," kata Kachiwu. 

Pencurian minyak terjadi hampir setiap hari di Nigeria. Pemerintah Nigeria mengestimasi ada sekitar 250 ribu barel minyak yang diambil pencuri di setiap harinya. 

Meski pendapatan negara dari sektor agrikultur dan industri lainnya meningkat, Nigeria mengandalkan minyak sebagai 80 persen sumber pemasukan. 


(WIL)