Jerman Fest, Festival Kebudayaan Jerman Terbesar di Indonesia

Fajar Nugraha    •    Rabu, 02 Sep 2015 14:59 WIB
jerman fest
Jerman Fest, Festival Kebudayaan Jerman Terbesar di Indonesia
Duta Besar Jerman untuk Indonesia Georg Witschel (tengah) (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Duta Besar Jerman untuk Indonesia Georg Witschel, memperkenalkan acara Jerman Fest atau German Season dalam rangka memperingati hubungan Indonesia dan Jerman.

Jerman Fest ini akan diadakan di tujuh kota di Indonesia mulai 5 September hingga Desemer 2015. Banyak kegiatan yang berlangsung selama festival tersebut.

"'German Season' (Jerman Fest) ini festival yang terbesar pernah ada dalam sejarah hubungan kedua negara. Ini bukan saja berisi acara kebudayaan, tetapi juga mencakup kerja sama ilmu pengetahuan, politik dan tentunya ekonomi," ujar Dubes Witschel, di Pusat Kebudayaan Jerman Goethe-Institut, di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

"German Season akan memperlihatkan berbagai macam kegiatan menarik dalam perspektif beragam. Hal tersebut seperti kerja sama ilmu pengetahuan dan budaya, serta tentu saja pendidikan, musik, seni tari," lanjutnya.

Dubes Witschel mengatakan, gelaran Jerman Fest ini merupakan inisiatif dari Kementerian Luar Negeri Jerman serta Goethe-Institut Indonesia, Kedutaan Besar Jerman di Jakarta serta kamar dagang Jerman (EKONID).

Kemeriahan Jerman Fest berlangsung bersamaan dengan ditunjukknya Indonesia sebagai tamu kehormatan di Frankurt Book Fair pada Oktober mendatang. Dengan kehadiran Indonesia, diharapkan perhatian publik Jerman bisa semakin besar terhadap Tanah Air.

"Berdasarkan hubungan bilateral yang baik, Jerman dan Indonesia merupakan negara penting di wilayah kawasan masing-masing sekaligus bagian dari G20. Kedua negara siap untuk bersatu menghadapi tantangan bersama," sebut Dubes Witschel.

Hubungan ini yang menjadi alasan tema Jerman Fest kali ini mengambil tema "Bersama Menuju Masa Depan". Program-program Jerman Fest pun sangat menarik.

Dubes Witschel menggarisbawahi variasi acara yang akan menghiasi Jerman Fest. Mulai dari kesenian, diskusi politik, serta konferensi dan seminar ekonomi akan menjadi sajian utama dari gelaran tersebut.
 


(FJR)