Korban Penipuan PNS Diminta Rp75-Rp150 Juta

Ismail    •    Rabu, 02 Sep 2015 15:46 WIB
pns
Korban Penipuan PNS Diminta Rp75-Rp150 Juta
Lokasi penginapan Wisma Sawerigading, Jalan Caringin No 23, Jatinangor yang digunakan untuk praktik penipuan calon PNS. (Metrotvnews.com/Ismail)

Metrotvnews.com, Sumedang: Kepolisian Jatinangor menggerebek Wisma Sawerigading di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (2/9/2015). Sebanyak 80 orang korban penipuan yang dijanjikan menjadi Pegewai Negeri Sipil mengaku telah menyerahkan uang ke tersangka NN dan AL hingga puluhan juta rupiah.

Korban penipuan mengaku memberikan uang kepada tersangka dengan jumlah beragam. Mulai dari Rp75 juta, Rp100 juta, bahkan ada korban yang menyetor uang hingga Rp150 juta.

“Tersangka NN dan AL berhasil kami tangkap di kosannya di Wisma Sawerigending, Jatinangor,” ujar Kapolsek Jatinangor, Komisaris Roedy de Vries.

Penggerebekan ini berawal dari laporan salah satu korban ke Polsek Jatinangor. Kata Roedy, para korban tergiur ajakan tersangka dengan iming-iming menjadi PNS tanpa tes dan akan mendapat surat keputusan (SK) pengangkatan setelah memberikan uang.

Beberapa saat setelah menerima laporan, jajaran Polsek Jatinangor bergerak ke penginapan Wisma Sawerigading, Jalan Caringin No 23, Jatinangor. Untuk mengamankan lokasi, Polsek meminta bantuan personel dari Mako Brimob Polda Jabar. Benar saja, polisi mengamankan orang yang diduga korban penipuan.

Salah seorang korban, Zain, 29, warga Manado, Sulawesi Utara mengaku telah memberikan uang senilai Rp70 juta, dan sisanya Rp5 juta akan dibayar setelahnnya.

“Saya membayar via rekening, dan dijanjikan akan diterima menjadi PNS di Sumedang, kemudian nanti akan dimutasi ke Manado,” katanya.


(SAN)