Habiskan Rp20 M untuk Pesta Kebudayaan, Jerman Tak Harap Imbalan RI

Fajar Nugraha    •    Rabu, 02 Sep 2015 15:51 WIB
jerman fest
Habiskan Rp20 M untuk Pesta Kebudayaan, Jerman Tak Harap Imbalan RI
Duta Besar Jerman untuk Indonesia Georg Witschel (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gelaran pesta kebudayaan Jerman Fest akan dilangsungkan oleh Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. Dana besar dipersiapkan untuk acara ini.

Pemerintah Jerman sendiri diperkirakan akan mengeluarkan dana sebesar 1,3 juta euro atau sekitar Rp20 miliar untuk gelaran Jerman Fest. Namun Duta Besar Jerman untuk Indonesia Georg Witschel menegaskan, pihaknya tidak mengharapkan imbalan apapun.

"Kami tidak harapkan apapun dari Indonesia. Biaya ini kami berikan agar German Season (Jerman Fest) bisa berlangsung," ujar Dubes Witschel, di Pusat Kebudayaan Jerman Goethe-Institut, di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

"Kami hanya harapkan (pemerintah Indonesia) mengeluarkan izin yang diperlukan. Kalau bisa mengirim pejabat tinggi untuk menghadiri acara pembukaan," ungkapnya.

"Sekali lagi kami tidak mengharapkan Indonesia akan mengembalikan dana sebesar 1,3 juta euro (usai gelaran Jerman Fest)," tegas Dubes Witschel.

Dubes Witschel mengatakan, gelaran Jerman Fest ini merupakan inisiatif dari Kementerian Luar Negeri Jerman serta Goethe-Institut Indonesia, Kedutaan Besar Jerman di Jakarta serta kamar dagang Jerman (EKONID).

Kemeriahan Jerman Fest berlangsung bersamaan dengan ditunjukknya Indonesia sebagai tamu kehormatan di Frankurt Book Fair pada Oktober mendatang. Dengan kehadiran Indonesia, diharapkan perhatian publik Jerman bisa semakin besar terhadap Tanah Air.

Jerman Fest ini akan diadakan di tujuh kota di Indonesia mulai 5 September hingga Desember 2015. Banyak kegiatan yang berlangsung selama festival tersebut.

Jerman Fest ini merupakan festival yang terbesar pernah ada dalam sejarah hubungan kedua negara. Ini bukan saja berisi acara kebudayaan, tetapi juga mencakup kerja sama ilmu pengetahuan, politik dan tentunya ekonomi.


(FJR)