Video di YouTube Menginspirasi Dimas dan Taufiq Mencuri Motor

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Rabu, 02 Sep 2015 17:02 WIB
pencurian
Video di YouTube Menginspirasi Dimas dan Taufiq Mencuri Motor
Pencuri sepeda motor menutup wajahnya saat berada di Mapolrestabes Surabaya, MTVN - MK Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Video yang tayang di YouTube menginspirasi Dimas dan Taufiq mencuri sepeda motor di Surabaya, Jawa Timur. Namun, inspirasi itu menghantarkan Dimas dan Taufiq ke sel Mapolrestabes Surabaya.

Dimas, 23 dan Taufiq, 25 mengakui hal itu saat menjalani pemeriksaan di depan penyidik Mapolrestabes Surabaya, Rabu 2 September. Mereka meniru aksi pengrusakan kunci untuk membawa kabur sepeda motor yang mereka curi beberapa waktu lalu.

"Iseng-iseng lihat di YouTube. Ada tayangannya terus saya meniru caranya dan mengajak Dimas," kata Taufiq.

Wakil Kepala Satreskrim Polrestabes Surabaya Kompol Manang Soebeti mengatakan kedua pelaku adalah residivis untuk kasus yang berbeda. "Tersangka pernah dipenjara tapi bukan kasus curanmor," kata Kompol Manang.

Keduanya, ujar Kompol Manang, sudah lama kenal. Mereka mengaku melihat tayangan di YouTube terkait pengrusakan kunci sepeda motor di sebuah warnet. Setelah itu, mereka pun beraksi.

Sekitar sepekan lalu, seorang pria melapor ke Mapolrestabes Surabaya karena sepeda motornya hilang dicuri. Lalu polisi melacak pelaku dan mengarah ke Dimas serta Taufiq.

Lalu pada 1 September 2015, polisi menyergap Dimas dan Taufiq di Jalan Gebang Lor, Keputih, Surabaya. Keduanya berusaha kabur. Polisi terpaksa melepaskan timah panas ke betis kedua pelaku. 

Dimas dan Taufiq lumpuh. Polisi menggelandang mereka ke Mapolres. 

"Barang bukti yang kami sita dua sepeda motor, satu STNK motor dan kunci T yang digunakan pelaku saat beraksi," tambah Manang.


(RRN)