RI Diminta Belajar dari India Soal Ini

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 02 Sep 2015 17:37 WIB
ekonomi indonesia
RI Diminta Belajar dari India Soal Ini
Ilustrasi. MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski mengalami perlambatan pertumbuhan dan gejolak pada nilai tukar, namun India masih memiliki nasib yang lebih baik dibanding Indonesia. Lalu apa yang harus dipelajari Indonesia dari India?

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan Indonesia harus belajar pengalaman negeri Bollywood tersebut dalam mengelola neraca transaksi berjalan (current account) yang defisitnya lebih baik dari Indonesia.

"India current account di-manage dari besar menjadi kecil defisitnya," kata Tirta di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (2/9/2015).

Cara India menekan defisit current account dengan cara mengurangi ketergantungan pada produk-produk luar (impor) dan mendorong nilai ekspor. 

"Struktur ekonomi diperbaiki sehingga nilai ekspornya makin besar," ujarnya.

Selain itu, India juga menambah suplai dolar di dalam negeri dengan cara mengundang pengusaha-pengusaha yang ada di luar untuk mendepositkan mata uang asing (valas) ke dalam negeri mereka sehingga suplai valasnya banyak.

"Makanya kita panggil pengusaha itu supaya uangnya masuk kesini. Kita juga imbau  pengusaha eksportir jual valas juga. Simpanlah di dalam negeri," pungkasnya


(SAW)