SBY Dorong Mahasiswa UPI Bentuk Pusat Pendidikan Perdamaian

Jaenal Mutakin    •    Rabu, 02 Sep 2015 18:24 WIB
pendidikan
SBY Dorong Mahasiswa UPI Bentuk Pusat Pendidikan Perdamaian
Ribuan mahasiswa baru UPI menghadiri kuliah umum dari Presiden ke-6 RI, Metrotvnews.com/ Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan kuliah umum di depan ribuan mahasiswa Universitas Pendidikan Indoneisa (UPI) di Bandung, Jawa Barat. Dalam kuliahnya, SBY meminta mahasiswa membentuk pusat pendidikan perdamaian di UPI.

"Tujuannya yaitu membangun manusia, masyarakat, negara, dan dunia yang syarat kedamaian dan perdamaiannya melalui pendidikan formal dan pelatihan," kata SBY di Gymnasium UPI, Rabu (2/9/2015).

SBY mengatakan mahasiswa UPI dapat melakukan itu dengan menyelenggarakan berbagai forum, seminar, dan konferensi terkait perdamaian. Mahasiswa juga dapat membangun kemitraan dan kerja sama dengan instruksi luar maupun dalam negeri untuk penyelenggaraannya.

SBY memberikan kuliah umum untuk pertama kalinya di UPI. Lebih 6.700 mahasiswa baru UPI menghadiri kuliah umum bertemakan 'Kedamaian untuk Memperkokoh Jati Diri Bangsa' itu.

Ketua Penyelenggara Kuliah Umum, Karim Suryadi mengatakan sengaja menghadirkan SBY. Selain sebagai mantan Presiden, SBY jug dikenal sebagai pemimpin terdepan negara-negara di Asia.

"Kuliah umum BSY diharapkan dapat mengispirasi mahasiswa. Kelak ke depan akan hadir SBY-SBY yang lain tidak hanya dari UPI atau dari Jawa Barat tapi dari seluruh Indonesia," ujar Karim.


(RRN)