Parkir Meter Elektronik

Bekasi Uji Coba Layanan Smart Parking

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 03 Sep 2015 11:05 WIB
parkir meter elektronik
Bekasi Uji Coba Layanan <i>Smart Parking</i>
Bekasi uji coba sistem parkir meter elektronik. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Bekasi: Sudah selayaknya setiap pemerintah kota/kabupaten yang ada di Indonesia mulai memikirkan konsep kota yang bisa mendidik budaya masyarakatnya agar lebih pintar.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sebagai kota penyanggah Ibu Kota Jakarta, memiliki konsep pengembangan smart city, dan sebagai awalnya Pemkot Bekasi menguji coba sistem smart parking dengan menggunakan parkir meter, yang diterapkan per-1 Agustus kemarin.

Parkir meter ini telah diuji coba dibeberapa titik lokasi, diantaranya di kawasan Proyek Kota Bekasi, di depan RSUD Kota Bekasi, dan di kawasan Galaxy Bekasi Selatan.

Menurut Martin petugas Integrated Tecnology Services (ITS), yang mengawasi mesin parkir di kawasan Proyek kota Bekasi, dengan adanya parkir meter ini mempermudah dirinya untuk mengawasi kendaraan yang keluar masuk parkir, dan tidak perlu lagi meminta uang kepada pemilik kendaraan seperti parkir liar.

“Adanya mesin parkir meter bikin kerja jadi lebih praktis, gak perlu pegang uang jadi gak ribet. Selama uji coba tiga bulan ini, untuk sepeda motor masih dikenakan tarif Rp2.000 untuk sekali parkir, sedangkan mobil dikenakan tarif Rp3.000 untuk sekali parkir,” beber Martin.

“Dalam rangka mengembangkan smart city di Kota Bekasi, parkir meter yang ada nantinya bisa juga digunakan sebagai alat transaksi, seperti pembayaran telepon, pembayaran listrik, air, dan sebagainya, bahakan nanti akan disediakan WiFi gratis,” jelas Budi Hartono, Managing Director VIP ITS.

Apaun itu yang dilakukan Pemerintah Kota Bekasi atau setiap pemerintah kota/Kabupaten lainnya yang ada di Indonesia, selama itu baik dan bermanafaat  bagi orang banyak pasti akan mendapat dukungan dari masyarakat. Semoga dengan konsep smart city ini juga akan menjadikan budaya dan masyarakat kita menjadi smart.
 


(UDA)