JK: Peran Media Sebagai Kontrol Pemerintah Sangat Diperlukan

Dheri Agriesta    •    Kamis, 03 Sep 2015 05:42 WIB
jusuf kalla
JK: Peran Media Sebagai Kontrol Pemerintah Sangat Diperlukan
Wakil Presiden Jusuf Kalla - MI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut peran media yang menjadi bagian masyarakat sipil sebagai kontrol masyarakat sangat diperlukan. Tanpa kontrol media, pemerintah ditakutkan hilang arah.

"Sebagai bagian masyarakat sipil peran media sebagai kontrol sangat diperlukan. Karena apabila tanpa kontrol, pemerintah bisa salah arah atau lupa karena kepentingan lebih luas," kata JK di acara ulang tahun ke-50 Kompas di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/9/2015).

JK pun mengucapkan terima kasih kepada media yang telah mengingatkan pemerintah. Khususnya, media yang secara seimbang memberikan kritikan dan pujian kepada pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.

Ia menyebut, berita dapat menjadi masukan untuk pemerintah dalam menyusun kebijakan dan mengevaluasi kebijakan. Media diharapkan dapat mengingatkan pemerintah agar tetap di jalur yang benar.

"Media juga bisa memandu masyarakat membangun nilai keutamaan seperti kerja keras, optimis, dan hemat. Apalagi untuk suasana seperti ini kita saling ingatkan warna kehidupan bersama," pungkas JK.

Dalam acara Ulang Tahun ke 50 Kompas itu turut hadir beberapa menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Selain itu juga hadir duo petinggi Golkar, Aburizal Bakrie, Agung Laksono, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.


(REN)