PBB: 13 Juta Anak-Anak di Timur Tengah Putus Sekolah

Willy Haryono    •    Kamis, 03 Sep 2015 08:57 WIB
pbb
PBB: 13 Juta Anak-Anak di Timur Tengah Putus Sekolah
Anak-anak pengungsi Suriah bermain di sebuah kamp di Lebanon, 17 Juli 2015. (Foto: AFP / MAHMOUD ZAYYAT)

Metrotvnews.com, New York: Lebih dari 13 juta anak-anak di Timur Tengah tidak dapat bersekolah akibat konflik berkepanjangan. PBB khawatir "harapan dari generasi masa depan" akan pupus jika mereka tidak segera dikembalikan ke sekolah.

Dalam sebuah laporan UNICEF, Kamis (3/9/2015), lebih dari 8.850 sekolah di Timur Tengah sudah tidak dapat lagi digunakan karena hancur. Disebutkan pula beberapa kasus guru dan siswa yang harus berlindung di bawah tembakan senjata, kelas dijadikan tempat perlindungan bom dan perjalanan melintasi medan perang untuk mengikuti ujian sekolah. 

"Dampak destruktif dari konflik dirasakan anak-anak di seluruh kawasan (Timur Tengah)," ujar Peter Salama, kepala regional UNICEF di Timur Tengah dan Afrika Utara, seperti dilansir AFP

"Bukan hanya kerusakan fisik sekolah, tapi juga rasa keputusasaan anak-anak akan masa depan mereka," sambung dia.

Tahun lalu, UNICEF mecatat adanya 214 serangan terhadap sekolah di Suriah, Irak, Libya, Palestina, Sudan dan Yaman. Di Suriah, PBB menyebut pendidikan harus dibayar dengan "harga mahal" di tengah perang sipil yang sudah berkecamuk selama lebih dari empat tahun. 

Lebih dari 52 ribu guru di Timur Tengah juga telah menanggalkan jabatan mereka, yang semakin membuat dunia pendidikan di zona konflik semakin terpuruk. 



(WIL)