Survei Fed: Ekonomi AS Bakal Tumbuh Stabil di Juli-Agustus

Antara    •    Kamis, 03 Sep 2015 08:58 WIB
ekonomi amerika
Survei Fed: Ekonomi AS Bakal Tumbuh Stabil di Juli-Agustus
Ilustrasi. AFP PHOTO/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS

Metrotvnews.com, Washington: Ekonomi Amerika Serikat (AS) mempertahankan pertumbuhan kecepatan yang rendah hingga sedang dalam beberapa bulan terakhir.

Walaupun perusahaan-perusahaan mengeluh bahwa pelambatan Tiongkok dan dolar yang kuat merugikan bisnis mereka, demikian laporan yang digelontorkan Federal Reserve.

AFP melansir, Kamis (3/9/2015), sebagian besar dari 12 distrik The Fed juga melaporkan pertumbuhan kecil atau rendah dalam perekrutan pekerja, meskipun segelintir mengatakan ada peningkatan tekanan upah karena kondisi pasar tenaga kerja lebih ketat, menurut survei daerah Beige Book.

Dengan The Fed diperkirakan mempertimbangkan kenaikan suku bunga yang lama ditunggu-tunggu di pertemuan kebijakan mendatang pada 16-17 September, Beige Book tidak memberikan rasa peningkatan yang signifikan dalam pertumbuhan pada periode survei Juli dan Agustus yang akan mendorong pihak Fed menaikkan suku bunganya.

Tetapi dunia usaha relatif optimistis bahwa pertumbuhan akan terus stabil. "Responden di sebagian besar sektor di seluruh distrik memperkirakan pertumbuhan berlanjut dengan kecepatan baru-baru ini, namun laporan Kansas City mengutip ekspektasi yang lebih beragam," kata survei.

Beige Book, yang terutama memberikan bukti anekdotal tentang kondisi ekonomi kepada para pembuat kebijakan moneter di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), memberikan beberapa indikasi tekanan pada dunia usaha. Dunia usaha di tiga distrik -San Francisco, Boston, dan Dallas- secara eksplisit menyebutkan pelambatan Tiongkok sebagai faktor pada menurunnya permintaan produk tertentu.

Responden survei di lima distrik mengatakan dolar yang kuat adalah faktor negatif untuk bisnis mereka; terutama impor baja murah yang merugikan produsen baja AS. Dolar telah memukul penjualan ritel di daerah sepanjang perbatasan dengan Kanada dan Meksiko, mengecewakan para pembeli dari kedua negara.

Kemudian, perlambatan di industri minyak, karena jatuhnya harga minyak mentah, juga berarti permintaan yang lebih rendah untuk mesin di beberapa daerah. Tetapi indikator-indikator lainnya seperti pariwisata, pertumbuhan kredit, real estate komersial dan residensial, serta penjualan mobil, semuanya cukup menggembirakan.

Namun, perekrutan, salah satu dari dua barometer kunci The Fed untuk kebijakan suku bunganya, yang lainnya adalah inflasi, bergerak datar hingga sedikit lebih baik di sebagian besar wilayah.

Demikian pula, upah secara umum stabil, tetapi menghadapi tekanan naik di distrik San Francisco, pusat teknologi terkemuka, St Louis dan Cleveland. Faktor-faktor tersebut bisa menunjukkan laporan ketenagakerjaan Agustus dari Departemen Tenaga Kerja pada Jumat relatif moderat.

Sementara itu Beige Book mengatakan sebagian besar distrik melaporkan harga stabil, lebih banyak bukti kurangnya tekanan inflasi di seluruh negeri.


(AHL)

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

39 minutes Ago

Tak sembarang orang bisa masuk ke lokasi sidang praperadilan Ketua  DPR Setya Novanto itu.…

BERITA LAINNYA