Putin Hadiri Parade Militer Kemenangan PD II di Tiongkok

Fajar Nugraha    •    Kamis, 03 Sep 2015 10:09 WIB
perang dunia ii
Putin Hadiri Parade Militer Kemenangan PD II di Tiongkok
Presiden Rusia Vladimir Putin hadiri parade militer Tiongkok (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Beijing: Presiden Rusia Vladimir Putin hadir dalam peringatan kemenangan Perang Dunia II yang diadakan oleh Tiongkok. Perayaan ditandai dengan parade militer Tiongkok.

Lebih dari 12 ribu pasukan Tiongkok melakukan parade di hadapan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Selain itu sekitar 500 peralatan militer dan 200 pesawat tempur dari berbagai jenis juga unjuk kebolehan dalam paraden ini.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (3/9/2015), militer Tiongkok menyebutkan, parade ini menunjukkan teknologi militer terbaru yang dimiliki oleh Negeri Tirai Bambu.

Parade tersebut merupakan bagian dari peringatan dalam kekalahan Jepang di Perang Dunia II. Bahkan Partai Komunis yang berkuasa di Tiongkok saat ini, mendeklarasikan diri menjadi pihak pendorong dari kekalahan Jepang dan membebaskan Tiongkok dari penjajahan.

Namun hal berbeda diutarakan oleh para ahli sejarah. Menurut mereka, yang bekerja keras dalam Perang Dunia II di Tiongkok adalah kalangan Nasionalis. Karena pihak Nasionalis lah yang paling banyak berperang.

Bahkan dalam parade militer ini, Pemerintah Tiongkok terkesan mengecilkan perang Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Padahal Perang Dunia II berakhir setelah AS menjatuhkan bom atom di Jepang dan pasukan sekutu berhasil mamatahkan perlawanan Nazi Jerman di Eropa.

Sementara kehadiran Putin dalam parade militer Tiongkok, diperkirakan akan memicu kemarahan dari Jepang. Selama ini Jepang dan Rusia masih memiliki masalah perebutan wilayah laut yang belum terselesaikan.

Selain Putin, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon juga turut hadir dalam parade tersebut. Kehadiran Ban dalam parade, sebelumnya telah mendapatkan kecaman dari Jepang.


(FJR)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

3 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA