Australia Tak Berniat Bebaskan Visa untuk WNI

Fajar Nugraha    •    Kamis, 03 Sep 2015 11:13 WIB
indonesia-australia
Australia Tak Berniat Bebaskan Visa untuk WNI
Menlu Australia Julie Bishop (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Sydney: Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menko Maritim Rizal Ramli menyebutkan 47 negara akan mendapatkan fasilitas bebas visa ke Indonesia, termasuk Australia. Namun Australia tidak ingin berikan bebas visa untuk WNI.

Penolakan dari Australia ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop. Menurut Bishop, negara tidak akan merubah kebijakan pengecualian visa untuk wisatawan dari negara manapun.

Menurut Bishop, isu ini dibahas dapal pertemuan dengan Menlu Retno Marsudi di Sydney pada Kamis (3/9/2015).

"Menlu Retno menjelaskan bahwa Indonesia akan memberikan bebas visa untuk wisawatan Australia, tetapi hal itu akan dilakukan jika Australia melakukan hal yang sama," ujar Bishop, seperti dikutip Xinhua, Kamis (3/9/2015).

"Kebijakan kami sudah jelas. Tidak ada bebas visa," tegas Bishop.

Bishop pun kembali menegaskan bahwa hubungan Indonesia dan Australia semakin erat saat ini. Khususnya setelah hubungan sempat mendingin usai eksekusi mati dua gembong narkoba Australia di Indonesia.

Sebelumnya pada 1 September 2015, Kementerian Koordinator (Menko) bidang Maritim bersama Kementerian Pariwisata sepakat untuk menambah jumlah negara yang mendapatkan bebas visa kepada 47 negara untuk masuk ke indonesia.

Pada awalnya kedua Kementerian sempat mengusulkan untuk membebaskan visa sebanyak 50 negara. Namun setelah dievaluasi, ada beberapa negara yang dicoret sehingga menghasilkan 47 negara.

Tetapi menurut Menko Maritim Rizal Ramli, negara yang sering bermasalah seperti drugs, stabilitas, ekspor radikalisme tidak akan diberikan bebas visa.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata (Menpar) Arif Yahya mengatakan berdasarkan keputusan ini, total sudah ada 92 negara yang bisa masuk ke Indonesia tanpa visa. Pada tahap sebelumnya telah disepakati sebanyak 45 negara yang bebas visa.


(FJR)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA