BI: Deflasi Manado Bukan Dipicu Pelemahan Rupiah

Antara    •    Kamis, 03 Sep 2015 11:16 WIB
inflasi deflasi
BI: Deflasi Manado Bukan Dipicu Pelemahan Rupiah
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Peter Jacobs menjelaskan, inflasi yang terjadi di Kota Manado pada Agustus 2015 bukan dipicu oleh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Deflasi yang terjadi di Kota Manado pada Agustus 2015 bukan disebabkan pelemahan rupiah tapi dikarenakan penurunan sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat," kata Peter, di Manado, Kamis (3/9/2015).

Sesuai dengan pola tahunannya, lanjut Peter, pasca Lebaran 2015 Kota Manado mengalami koreksi inflasi yang cukup dalam bahkan terjadi deflasi. Inflasi IHK Kota Manado pada Agustus 2015 tercatat sebesar -0,53 persen (mtm) atau secara tahunan sebesar 8,64 persen (yoy), terkoreksi dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,03 persen (mtm) atau 8,93 persen (yoy). 

Menurut Peter, hal tersebut sejalan dengan perkiraan BI bahwa akan terjadi deflasi pada Agustus 2015. "Deflasi terutama terjadi pada kelompok volatile foods dan administered prices, sedangkan kelompok core inflation mengalami inflasi yang relatif moderat," jelas dia.

Inflasi inti tercatat sebesar 0,33 persen (mtm) atau 3,26 persen (yoy) sedikit meningkat dari bulan sebelumnya, disumbang oleh kenaikan harga beberapa komoditas seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas.

Peter mengatakan, inflasi administered prices tercatat sebesar -2,38 persen (mtm) atau 22,75 persen (yoy) menurun dari bulan sebelumnya, terutama disumbang oleh komoditas angkutan udara, bahan bakar rumah tangga dan angkutan antar kota.

Ke depan, lanjut dia, BI akan mendorong koordinasi yang lebih solid lagi dengan pemerintah daerah dan pelaku usaha melalui forum TPID. "Selain itu akan berusaha untuk memperluas lingkup TPID hingga ke setiap kabupaten/kota serta fokus untuk memetakan dan meminimalkan potensi tekanan inflasi di daerah," pungkasnya.


(ABD)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA