Kapolri Akui Wanjakti Pertimbangkan Geser Budi Waseso

Rudy Polycarpus    •    Kamis, 03 Sep 2015 16:22 WIB
budi waseso
Kapolri Akui Wanjakti Pertimbangkan Geser Budi Waseso
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Foto: Lukman Diah Sari/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memastikan pihaknya tengah membahas jabatan sejumlah perwira tinggi Polri melalui Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri. Termasuk rencana mutasi Kabareskrim Komjen Budi Waseso.

Demikian disampaikan Badrodin seusai bertemu Menteri Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan dan anggota Kompolnas, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

"Sedang dalam proses, mutasi kan bukan bicarakan satu orang. Ada perlu pergantian, ada yang pensiun. Nanti kalau sudah selesai baru akan diumumkan. Kalau saya sebut ternyata tidak keluar, saya disebut membohongi publik," ujarnya.

Badrodin menolak menyebut spesifik bahwa pertemuan tersebut membahas soal Budi Waseso. Ia juga menepis pihaknya telah menyiapkan nama yang akan dicalonkan sebagai pengganti Budi Waseso.Terkait penilaian kinerja, jelasnya, sudah ada mekanisme dan tolok ukurnya.

Sejak kemarin, santer beredar kabar pergantian Kabareskrim Komjen Budi Waseso. Nama-nama seperti Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian, Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Anang Iskandar dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Saud Usman Nasution disebut sebagai pengganti Budi Waseso. 

Isu pencopotan Budi Waseso menguat beberapa hari setelah Bareskrim menggeledah PT Pelindo II, pekan lalu. Menteri BUMN Rini Soemarmo sempat menelepon Kapolri Jenderal Badrodin Haiti terkait penggeledahan itu.


(KRI)