Agustus 2015, Penyerapan Anggaran Kementerian BUMN Baru 33,7%

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 03 Sep 2015 17:08 WIB
anggaran kementerian
 Agustus 2015, Penyerapan Anggaran Kementerian BUMN Baru 33,7%
Menteri BUMN Rini Soemarno (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat realisasi anggaran sampai dengan 30 Agustus 2015 telah mencapai Rp49,83 miliar atau setara 33,7 persen terhadap total anggaran yang telah dialokasikan di 2015 sebesar Rp148,07 miliar.

"Realisasi anggaran (Kementerian) BUMN sampai 30 Agustus 2015 adalah Rp49,83 miliar atau 33,7 persen dari pagu anggaran Rp148,07 miliar," kata Menteri BUMN Rini Soemarno, dalam sebuah rapat dengan Komisi VI DPR-RI, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Dalam menyerap anggaran, Rini tak menampik Kementerian BUMN mendapat sejumlah kendala yang menyebabkan pelaksanaan anggaran 2015 belum maksimal. Adapun sejumlah kendala yang dimaksud, yakni pertama adanya kebijakan pembatasan pelaksanaan konsinyering dan perjalanan dinas pada awal tahun anggaran.

Kedua, JPT Madya yang tidak dapat dilaksanakan dengan waktu cepat dan adanya perubahan struktur organisasi Kementerian BUMN yang baru bisa terselesaikan secara tuntas pada akhir Juli 2015.  Ketiga, adanya kegiatan yang membutuhkan proses lelang, bahkan perlu dilakukan lelang ulang.

Rini mengatakan, dengan dasar itu, Kementerian BUMN telah melakukan langkah percepatan agar realisasi penyerapan anggaran bisa terlaksana lebih cepat. Langkah-langkah yang dimaksudkan seperti mengingatkan masing-masing unit kerja untuk menyelesaikan pengadaan yang tertunda dan melakukan monitoring rencana pencapaian output.

Selain itu, lanjut Rini, langkah lainnya adalah melakukan pencairan anggaran setiap bulan, meningkatkan kualitas perencanaan anggaran yang telah diimplementasikan, mendorong proses pencairan anggaran sebelum pelaksanaan kegiatan secara langsung dilakukan, dan mempercepat proses penyelesaian dokumen pertanggungjawaban.

"Target 2015 dapat serap 90 persen," pungkas dia.


(ABD)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA