Kebudayaan Telan Lebih 50 Persen Danais Yogyakarta 2015

Patricia Vicka    •    Kamis, 03 Sep 2015 18:27 WIB
anggaran
Kebudayaan Telan Lebih 50 Persen Danais Yogyakarta 2015
Ilustrasi anggaran, Ant

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dana Keistimewaan (Danais) 2015 gelombang kedua sebesar Rp301,97 miliar sudah cair pada Agustus 2015. Sektor kebudayaan menjadi pos utama dari dana tersebut.

Kepala Bidang Anggaran Belanja Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Yogyakarta Aris Eko mengatakan pos kebudayaan mendapat anggaran sebesar Rp161,9 miliar, di mana besarannya mencapai lebih 50 persen.

"Disusul pos Pekerjaan Umum (PU) sebanyak Rp25,6 miliar. Sedangkan pos pertanahan mencapai Rp3,76 miliar dan pos kelembagaan sebesar Rp738 juta," jelas Aris di Kantor Gubernur DIY Jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu (2/9/2015).

Aris menambahkan anggaran pos kebudayaan untuk membiayai segala program yang berhubungan dengan kebudayaan dan cagar budaya. Anggaran untuk mengurusi cagar budaya dan warisan budaya mencapai Rp93 milliar.  

"Contohnya pemerintah berencana membeli tanah warga di sekitar Candi Kalasan agar candi tersebut bisa terlihat dari tepi jalan dan juga digunakan untuk kegiatan pariwisata misalnya untuk festival-festival dan pawai budaya," tuturnya.

Sedangkan anggaran pos PU paling banyak tersedot untuk program Jaringan Jalan Lintas Selatan (JJLS) Yogyakarta. 

"Anggaran untuk JJLS sampai hari ini sebesar Rp44 miliar. Digunakan untuk pembebasan lahan terlebih dahulu di tiga daerah. Lainnya juga untuk mempercantik kawasan titik nol kilometer," pungkas Aris.

Yogyakarta memiliki anggaran danais dengan jumlah total Rp547,5 miliar. Pencairannya dibagi tiga tahap. Tahap 1 sebanyak 25 persen, tahap 2 sebesar 55 persen, sedangkan sisanya di tahap 3. Namun hingga berita ini dimuat, penyerapan anggaran danais tahap 2 baru mencapai 43 persen.


(RRN)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA