Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Selama Kehamilan

   •    Kamis, 03 Sep 2015 18:28 WIB
kesehatanhamil
Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Selama Kehamilan
Kampanye Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi Pada Ibu Hamil. (MTVN/Sumarni)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat fase kehamilan, tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan terutama pada bagian gusi dan rongga mulut yang kerap menjadi masalah bagi para ibu hamil.

"Infeksi di gigi atau gusi orang hamil jangan dianggap remeh. Bakteri dalam infeksi itu bisa menyebar masuk ke pembuluh darah," ujar drg. Ratu Mirah Afifah, Head of Preofessional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia di Hotel Mulia Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Peningkatan hormon progesterone saat kehamilan, lanjut drg. Mirah, memang menyebabkan gusi lebih mudah berdarah, bengkak dan berwarna merah yang merupakan hasil dari respon penumpukan plak karena kurangnya menjaga kebersihan mulut.

"Itu mengapa kami mengkampanyekan, ayo ibu hamil harus lebih peduli dengan kesehatan giginya agar janin tidak lahir prematur," tambahnya.

Dengan melakukan pembersihan karang gigi secara rutin, menurut penelitian memang bisa mengurangi angka risiko bayi lahir prematur dan berat badan rendah hingga 50 persen. Selain itu, drg. Mirah juga menyarankan untuk gosok gigi dua kali saat pagi dan malam hari.

"Ketika sebelum hamil harus periksa gigi enam bulan sekali. Nah, saat hamil baru periksa lagi saat trimester kedua dan ketiga. Malah mungkin setiap semester kehamilan itu lebih bagus," saran drg. Mirah.

Terkait hal itu, Pepsodent kembali menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2015 dengan tema, "Pentingnya Kesehatan Gigi dan Gusi Pada Ibu Hamil" .

drg. Mirah menjelaskan pada BKGN 2015 perawatan tersedia untuk masyarakat Indonesia di antaranya penambalan gigi, pembersihan karang gigi serta pencabutan gigi.

"Perawatan dan pemeriksaan tidak hanya untuk ibu hamil, tapi untuk semua kalangan usia. Ingat itu semua gratis," tutupnya.

Melalui BKGN 2015, Pepsodent bersama PDGI dan AFDOKGI mengharapkan bisa memberikan kemudahan akses layanan dan edukasi kesehatan pada masyarakat melalui Fakultas Kedokteran Gigi di beberapa universitas yang tersebar di Indonesia mulai 16 September hingga 28 November 2015. (Sumarni)


(LOV)