Teknologi Otomotif

Bosch dan Honda Kembangkan Airbag System Baru untuk Motor

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 06 Sep 2015 09:18 WIB
teknologi otomotif
Bosch dan Honda Kembangkan <i>Airbag System</i> Baru untuk Motor
Desain paten airbag pengembangan Bosch dan Honda. The Ride Advice

Metrotvnews.com: Teknologi airbag kini telah merambah dunia roda dua. Produsen apparel ternama macam Dainese dan Alpinestars telah memulai dengan menanamkan airbag pada racing suit, hingga jaket buatannya.

Tapi airbag untuk sepeda motor kini mulai dikebangkan dalam bentuk lain. Dikutip dari The Ride Advice, Perusahaan otomotif asal Jerman, Bosch dan Honda tengah bersama-sama mengembangkan airbag khusus untuk sepeda motor dan terpasang pada sepeda motor tentunya.

Sebenarnya Honda sendiri telah memasangkan airbag pada Goldwing, tapi itu hanya sebagai opsional saja, dan sampai saat ini masih dijual secara terpisah. Maka tentu apa yang mereka kembangkan bersama Bosch jadi suatu jawaban akan teknologi keselamatan untuk kedepannya.

Bosch dan Honda mendesain airbag yang punya bentuk vertikal, yang akan meletus dari tempat penyimpanannya yang akan berada di bagian depan tangki bahan bakar. Honda NC750S akan jadi basis pengembangan airbag ini.

Dengan airbag yang mengembang secara vertikal, diharapkan kepala dan badan pengemudi bisa terhindar dari benturan, khususnya jika terjadi tabrakan secara frontal. Desain ini pun telah dipatenkan.

Tidak hanya satu, mereka juga mematenkan airbag lainnya yang terpasang dua titik dalam satu unit motor. Pertama pada bagian depan dekat lampu untuk meredam tabrakan pada kecepatan rendah, kedua di bagian setang yang melindungi dada pengemudi.

Tentu saja airbag ini kelak diciptakan untuk mengurangi efek benturan, bukan menghindari pengendara dari benturan saat kecelakaan. Jadi berkendara dengan tertib dan selalu waspada adalah 'perangkat' keselamatan yang utama. 


(UDA)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA