Bareskrim: Harga Mobil Crane Pelindo II tak Masuk Akal

Anggitondi Martaon    •    Kamis, 03 Sep 2015 18:57 WIB
pelindo
Bareskrim: Harga Mobil Crane Pelindo II tak Masuk Akal
Pekerja pelabuhan melintas di depan mobil "crane" yang diberi batas garis polisi di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Jakarta, Kamis (3/9) -- ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Bareskrim Polri menilai harga pengadaan 10 mobile crane di PT Pelindo II tidak wajar.‎ Hal itu diungkapkan oleh Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Victor Simanjuntak.

Victor menyampaikan bahwa berdasarkan hasil penelusuran tim penyelidik, diketahui harga satuan mobile crane sesuai dengan spesifikasi barang yang dibeli Pelindo II hanya sekitar Rp2,4 miliar per unit.

"Kalau mobile crane ini kalau kita pergi ke distributor penjual barang spesifikasi itu paling tinggi Rp2,4 miliar. Kalau 10 unit  sekitar Rp24 miliar. Itu proyeknya senilai Rp 45,5 miliar," kata Victor di pressroom DPR RI gedung Nusantara III, komplek Parlemen, Senayan, Kamis (3/9/2015).

Hal ini yang mendorong Bareskrim bergerak. Apalagi setelah dibeli, mobil crane itu hanya diinapkan tanpa dipakai.

"Kemahalan nggak? Itu harga sekarang, kalau tahun 2012, lalu barang itu gak dipakai mangkrak di situ, masak beli mobil untuk dijemur di situ, siang malam ditaruh situ," tambah Jenderal bintang satu tersebut.

Selain itu, menurut Victor prinsip pengadaan barang dan jasa harus efektif, efisien, murah. "Itu sudah efisien belum? Kenapa ini enggak dipakai. Dan jawab (Pelindo II) kita enggak butuh barang itu," ujarnya.


(SUR)