PAN tak Pernah Keluar dari KMP

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 03 Sep 2015 19:56 WIB
koalisi indonesia hebat
PAN tak Pernah Keluar dari KMP
Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie -- Antara/Fanny Oktavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Seluruh elite Koalisi Merah Putih (KMP) telah menerima penjelasan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan perihal nasib PAN di KMP. Ketua Presidium KMP Aburizal 'Ical' Bakrie mengatakan PAN secara politik tidak pernah keluar dari KMP.

"Sudah jelas kemarin menyampaikan bahwa tidak pernah kita mendengar PAN bergabung dengan KIH dan keluar dari KMP," kata Ical di Bakrie Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (3/9/2015).

PAN hanya memutuskan untuk bergabung ke dalam pemerintah untuk membantu menyelesaikan segala permasalahan yang tengah dihadapi pemerintah, demi bangsa dan negara. KMP pun menghormati keputusan tersebut.

"Kami menghormati dan menerima PAN mendukung pemerintah," tukas dia.

KMP juga mendukung segala kebijakan yang diambil oleh pemerintah, jika memang prorakyat. Namun sebagai penyeimbang pemerintah, KMP juga akan memberikan kritik jika kebijakannya tersebut melenceng dari semangat membela rakyat.

"KMP juga mendukung dan memberikan masukan kepada pemerintah kalau itu benar. Tapi tetap memberikan kritik kalau tidak benar," tegas dia.


Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan -- Antara/Rossa Panggabean

Hal senada diungkapkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Keputusannya mendukung pemerintah hanya sebatas membantu pemerintah yang tengah mengalami masalah perekonomian. Dengan bantuan ini, ia berharap perekonomian di Indonesia bisa bangkit kembali.

"Saya tidak menyatakan keluar dari KMP atau masuk ke KIH. Kita hanya fokus mendukung pemerintah. Saya kira mau sampai kapan kita terus berbicara KIH dan KMP terus," kata dia.

Sejumlah tokoh KMP yang hadir dalam pertemuan ini. Diantaranya Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Umum Golkar hasil Munas Bali Aburizal Bakrie, Sekjen Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie Idrus Marham, Sekjen PKS Taufik Ridho, mantan Ketua Umum PKS Anis Mata, dan Wasekjen PKS Fahri Hamzah. Tak terlihat perwakilan dari PPP dalam pertemuan ini.


(SUR)