Ribuan Orang Tertipu Modus Pengangkatan CPNS

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 03 Sep 2015 20:05 WIB
penipuanpns
Ribuan Orang Tertipu Modus Pengangkatan CPNS
Lokasi penginapan Wisma Sawerigading, Jalan Caringin No 23, Jatinangor yang digunakan untuk praktik penipuan calon PNS. (Metrotvnews.com/Ismail)

Metrotvnews.com, Bandung: Praktek penipuan calon Asisten Sipil Negara (ASN) atau PNS di wilayah hukum Polres Sumedang hingga saat ini masih dalam proses penyidikan Polda Jawa barat.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Sulistyo Pudjo kepada Metrotvnews.com di Mapolda Jabar, di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat Kamis (3/9/2015).

"Nanti akan kita ungkap secara umum semua, sama seperti yang telah ditangani Polda Jabar beberapa waktu lalu," ucapnya.

Saat ditanya apakah ada hubungan antara pelaku di Jatinangor, Sumedang, dengan pelaku yang pernah diungkap oleh pihak Polda Jabar, dirinya menjelaskan hal tersebut masih didalami. Pasalnya, kata dia, jumlah korban dari pelaku penipuan CPNS yang pernah terungkap cukup banyak.

"Semuanya masih didalami kita belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Harap bersabar. Jumlah korban yang diungkap oleh kita yang kemarin juga cukup banyak, ada 1.003 orang," tandasnya.

Sebelumnya, Polda Jabar berhasil mengungkap sembilan pelaku praktek penipuan CPNS di Kota Bandung. Polres Sumedang menggerebek sebuah penginapan yang diduga digunakan sebagai praktek penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

(Baca: Polisi Gerebek Pengipanan Tempat Praktik Penipuan PNS)

Selain mengamankan 80 orang korban, petugas kepolisian juga meringkus dua orang yang diduga menjadi tersangka praktik penipuan itu. Keduanya digiring ke Mako Brimob Polda Jabar.


(UWA)