Menaker-Mendag Sepakat Cegah PHK & Buka Kesempatan Kerja

Arif Wicaksono    •    Kamis, 03 Sep 2015 20:15 WIB
kemenaker ads
Menaker-Mendag Sepakat Cegah PHK & Buka Kesempatan Kerja
Menaker Hanif Dhakiri. DokKemenaker

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengadakan pertemuan tertutup dengan Menteri Perdagangan Thomas Lembong untuk membicarakan langkah-langkah pencegahan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan strategi membuka lapangan kerja baru di dalam dan luar negeri.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menteri sepakat untuk mendorong masuknya arus investasi, menggerakkan pengusaha dan pelaku pasar di sektor perdagangan agar tetap mampu bertahan dan tidak melakukan PHK terhadap para pekerja/buruh.

"Tadi kita bersama-sama mencari strategi agar investasi membuka lapangan pekerjaan baru, mendorong para pelaku ekonomi terus menjalankan usaha bisnisnya serta membuka lapangan kerja baru bagi korban PHK dan pengangguran, " kata Menaker Hanif dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Menaker Hanif mengatakan dalam menghadapi perlambatan ekonomi yang berlangsung secara global ini, pemerintah, pengusaha dan pekerja harus tetap optimistis dan meningkatkan kerjasama untuk mencegah terjadinya PHK.

"Kita minta agar Menteri Perdagangan meyakinkan para pengusaha dan pelaku pasar agar mampu menahan diri dan tidak melakukan PHK terhadap pekerja. PHK adalah pilihan terakhir yang harus dihindari semaksimal mungkin," kata Hanif.

Dalam kesempatan ini Hanif pun mengatakan pentingnya membuka kesempatan kerja baru di dalam dan luar negeri, terutama di sektor perdagangan, wirusaha mandiri dan program padat karya yang bisa dimanfaatkan oleh para korban PHK dan pencari kerja.

Bahkan Hanif pun menawarkan ide kerjasama agar para TKI yang bekerja di berbagai negara-negara penempatan dapat menjadi duta produk-produk buatan Indonesia, duta perdagangan sekaligus duta budaya dan wisata yang memasarkan Indonesia kepada dunia internasional.

Sementara itu Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyatakan dukungan dan komitmennya untuk mendorong para pengusaha dan pelaku pasar untuk mencegah PHK dan membuka kesempatan kerja baru.


(SAW)