Serapan Anggaran Rendah karena Salah Pemerintah & Birokrasi

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 03 Sep 2015 20:35 WIB
ekonomi indonesia
Serapan Anggaran Rendah karena Salah Pemerintah & Birokrasi
ekonomi indonesia, Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas Fitra) memaparkan beberapa masalah yang dihadapi Pemerintah terkait lemahnya penyerapan anggaran daerah.

"Pertama, penyerapan anggaran yang rendah adalah kesalahan pemerintah dan birokrasi. Jangan jadikan alasan lain untuk melindungi pejabat agar tidak dapat dijerat korupsi," ungkap Manajer Advokasi Apung Widadi, saat diskusi di Kedai Kopi Deli Sarinah, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Kemudian masalah berikutnya, penyerapan anggaran rendah disebabkan Pemerintah tidak dapat memprioritaskan pembangunan dan kebutuhan masyarakat. Sehingga anggaran tidak efektif dan efisien.

Apung Widadi juga menambahkan masalah lainnya bahwa politik anggaran yang tidak berpihak pada masyarakat. Tetapi berpihak pada rente dan proyek menjadi penyebab anggaran negara sulit terserap.

"Sedangkan untuk masalah Peraturan Presiden (Perpres), itu tidak ada hubungannya dengan mendorong percepatan penyerapan anggaran," ungkap apung.

Menurutnya Perpres tersebut justru akan menjadikan Indonesia sebagai negara sentralistik. Baginya Perpres itu secara tidak langsung telah menginterbensi sistem pengawasan BPK dan BPKP.

Dengan lahirnya Perpres tersebut, Apung mengatakan hal itu membuktikan bahwa Presiden akan mengintervensi Kejaksaan dan Kepolisian dalam hal percepatan pembangunan nasional.

"Perpres tidak membuka ruang aspiratif terhadap masyarakat dalam pengawasan pembangunan," katanya.

 


(SAW)

Pergantian Ketua DPR Disebut Melibatkan Aburizal Bakrie

Pergantian Ketua DPR Disebut Melibatkan Aburizal Bakrie

25 minutes Ago

Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar Ridwan Hisjam menyebut Ical, sapaan Aburizal, setuju dengan su…

BERITA LAINNYA