Wapres Minta Dana Desa Selesai Disalurkan Senin Depan

Dheri Agriesta    •    Kamis, 03 Sep 2015 22:05 WIB
dana desa
Wapres Minta Dana Desa Selesai Disalurkan Senin Depan
Wakil Presiden Jusuf Kalla - MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut pemerintah akan mempercepat penyelesaian dana desa. Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan instruksi untuk menyelesaikan permasalahan ini.

"Senin harus sudah selesai. Dan kita ingin memacu daerah harus segera turun. Karena ada kepala daerah yang menyimpan, tidak mau menyerahkan ke desa. Ada kepala daerah yang mengembalikan ke Menkeu eksesnya, (dengan alasan) takut, kehati-hatian," kata Tjahjo di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (3/9/2015).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes-PDT) dikumpulkan untuk membahas permasalahan dana desa ini. Sebab sebagian dari dana yang telah disalurkan sebanyak Rp16 triliun itu masih terhenti di kabupaten dan kota.

Tiga Kementerian itu pun diinstruksikan untuk membuat Surat Keputusan bersama untuk mempermudah penyaluran dana ini sampai ke desa. Langkah selanjutnya tinggal mengawasi penggunaan dana desa.

"Program sampingannya, program perencanaannya dari Kemendes, uangnya dari Menkeu yang ditransfer langsung ke rekening Bupati atau Walikota. Tidak lewat kami (Kemendagri) atau pun Kemendes," jelas Tjahjo.

Kemendes telah menyiapkan pendamping untuk masing-masing desa untuk melakukan pendampingan dan pengawasan penggunaan dana. Jika masih ada kepala daerah yang tidak menyalurkan dana itu, sanksi pun telah disiapkan.

"Tapi itu hukumnya wajib ya, kalau sampai ada kepala daerah mengembalikan atau tidak meneruskan ke desa dengan berbagai pertimbangan, itu sudah melanggar UU. Sanksinya sedang kita bahas bersama Menkeu, bisa nanti DAK kita kurangi," kata dia.



(SUR)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA