40 WNI Masih Dinyatakan Hilang dalam Kecelakaan Kapal di Malaysia

Fajar Nugraha    •    Jumat, 04 Sep 2015 06:48 WIB
kecelakaan kapal
40 WNI Masih Dinyatakan Hilang dalam Kecelakaan Kapal di Malaysia
Pihak berwenang Malaysia evakuasi korban kecelakaan (Foto: The Star)

Metrotvnews.com, Port Klang: Kecelakaan kapal yang terjadi di Sabak Bernam, Selangor, Malaysia, Kamis (3/9/2015) kemarin menyebabkan 15 orang warga negara Indonesia (WNI) tewas. 40 orang WNI lainnya dilaporkan masih hilang.

"40 orang masih hilang setelah kapal yang membawa warga Indonesia terbalik. 15 ditemukan tewas di laut, sekitar 9 mil laut dari Tanjung Sauh," pernyataan pihak Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA), seperti dikutip The Star, Jumat (4/9/2015).

Nelayan berhasil menyelamatkan 19 penumpang dari kapal tersebut. Diperkirakan 70 hingga 80 penumpang berada di kapal sepanjang 15 meter dan lebar 3 meter itu.

"Kapal berasal dari Indonesia bisa jadi kelebihan muatan dan sebagian besar dari penumpang kemungkinan adalah imigran gelap," tutur Kepala MMEA Klang, Laksmana Mohammad Aliyas Hamdan.

"Penumpang ini hendak pulang kampung untuk merayakan Hari Raya Idul Adha. Kapal berangkat dini hari dari Kuala Sungai Bernam dan hendak menuju Tanjung Balai, Sumatra," lanjut Mohammad.

Menurut Aliyas, jenazah pertama dari penumpang ditemukan pada Kamis (3/9/2015) pukul 10.37 pagi, dan sisanya ditemukan hingga pukul 9.15 malam. Jenazah dan korban selamat sudah dikirim ke Rumah Sakit Teluk Intan di Perak.

Hingga saat ini tidak diketahui informasi mengenai awak dari kapal yang tenggelam itu. MMEA pun masih menentukan jumlah pasti dari penumpang yang berada di dalam kapal.

Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono sebelumnya mengataka, pihaknya akan membantu Malaysia untuk mengidentifikasi korban kecelakaan kapal ini.

 


(FJR)