On This Day: Laga Perdana European Cup atau Liga Champions Digelar

Achmad Firdaus    •    Jumat, 04 Sep 2015 07:25 WIB
<i>On This Day:</i> Laga Perdana European Cup atau Liga Champions Digelar
Foto: Suasana pertandingan Sporting vs Partizan yang berakhir imbang 3-3 (Foto: http://i46.tinypic.com/)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cikal bakal lahirnya kompetisi sepak bola antar klub Eropa yang paling prestisius, Liga Champions, terjadi hari ini 4 September 1955. Ya, tepat 60 tahun yang lalu, pertandingan pertama digelar.

European Champion Club's Cup atau European Cup (Piala Eropa), itulah nama yang diusung sebagai ajang pertarungan tim-tim terbaik Eropa. Saat itu, Piala Eropa hanya diikuti 16 klub yang dipilih oleh majalah terkenal Prancis, L'Equipe. Satu negara hanya diwakili satu klub dengan format knock-out (babak 16) yang berlangsung kandang-tandang. Uniknya, tak melulu tim juara di kompetisi masing-masing yang dipilih L'Equipe untuk tampil di edisi pertama ini.

Sporting Lisbon misalnya, mereka dipilih meski menempati posisi tiga di kompetisi domestik. Klub asal Portugal itu mendapat kesempatan untuk membuka turnamen. Pertandingan pertama antara Sporting Lisbon kontra Partizan (peringkat lima Liga Yugoslavia) digelar di Lisbon pada 4 September 2015. Pertandingan perdana yang disaksikan sekira 33.000 fan ini berkesudahan 3-3. 

Berikut cuplikan pertandingannya:


Beberapa tim lain yang dipilih untuk tampil pada edisi pertama ini antara lain, Real Madrid (Spanyol), PSV Eindhoven (Belanda), Anderlecht (Belgia), dan AC Milan yang mewakili Italia.

Madrid keluar sebagai juara pada edisi pertama ini usai menang 4-3 atas wakil Prancis, Stade Reims. Mendian Alfredo Di Stefano jadi andalan Madrid kala itu.

Seiring berjalannya waktu, format turnamen pun banyak mengalami perubahan. Mulai dari dimainkannya sistem penyisihan grup, diberlakukannya offside, dan terakhir nama turnamen berganti menjadi Champions League (Liga Champions) yang diberlakukan mulai musim 1990--1991.

Hingga sekarang, Liga Champions sudah memutar 60 episode. Real Madrid jadi klub yang paling banyak menyabet trofi juara, yakni 10 kali, diikuti AC Milan (7), dan Bayern Muenchen, Barcelona, dan Liverpool yang sama-sama mengoleksi lima titel juara.
(ACF)