Perbanas Minta UU JPSK Segera Disahkan

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 04 Sep 2015 09:30 WIB
jpsk
Perbanas Minta UU JPSK Segera Disahkan
Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Sigit Pramono. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Sigit Pramono meminta pemerintah bisa segera mengesahkan Undang-Undang Jaringan Pengamanan Sistem Keuangan (UU JPSK). Sebab, hal tersebut dianggap penting dan harus segera diselesaikan.

"Ini segera dilakukan saja. Itu menjadi penting dan urgent. Selama ini pengamanan ini FKSSK di UU JPSK ini memadailah. Lengkap dan terpisah, khusus, ini bagus," ujarnya di Griya Perbanas, Jalan Perbanas, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis, 3 September 2015.

Belajar dari pengalaman krisis pada masa lalu, Sigit menambahkan, keputusan apakah bank yang mengalami masalah perlu diselamatkan atau tidak harus jelas diputuskan oleh pihak mana.

"Intinya adalah yang pertama di dua krisis 1998 dan 2008 itu harus tercermin isi UU JPSK ekonomi normal. Siapa yang mengambil keputusan? Siapa yang memutuskan bank itu perlu diselamatkan? Itu harus jelas," terang dia.

Selain itu, dirinya juga meminta agar masalah ekonomi tidak kaitkan dengan unsur politik. Contohnya, masalah Bank Century yang dianggap tidak jelas dan berlarut-larut.

"Jangan sampai ekonomi dibawa ke politik. Mubazir hanya menyia-nyiakan negeri kita. Berapa tahun bicarakan urusan Bank Century. Enggak jelas kecenderungannya, itu enggak bisa," pungkasnya.


(AHL)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

6 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA